kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemenkes pastikan belum ada kasus terinfeksi virus corona di Indonesia, ini alasannya


Senin, 10 Februari 2020 / 19:53 WIB
Kemenkes pastikan belum ada kasus terinfeksi virus corona di Indonesia, ini alasannya


Reporter: Abdul Basith | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Anung Sugihantono menegaskan sudah melakukan pemeriksaan terhadap 62 orang atas kasus virus corona. Sekaligus memastikan hingga saat ini belum ada kasus positif virus corona di Indonesia

"59 di antaranya sudah keluar hasilnya dan negatif. Tiga lagi dalam pemeriksaan," ujar Anung di Kantor Staf Presiden, Senin (10/2).

Kemenkes memastikan kemampuan dalam pemeriksaan virus corona. Sebelum muncul virus corona, Indonesia juga telah memiliki pengalaman dalam deteksi virus H5N1, H1N1, MERS, hingga SARS.

Baca Juga: Hari ini, ada 21 WNI pulang ke tanah air dari China

Selain itu ketersediaan alat pun telah dikonfirmasi oleh Kemkes. Bahkan alat yang ada telah sesuai dengan prosedur Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan bersertifikasi.

"Pada dasarnya dalam memeriksa ini kita menggunakan standar WHO dan kita juga diakreditasi oleh WHO," terang Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemenkes Siswanto.

Dari 62 kasus yang telah diperiksa berasal dari 16 Provinsi. Antara lain DKI Jakarta sebanyak 14 kasus, Bali 11 kasus, Jawa Tengah 7 kasus, Jawa Barat 6 kasus, Jawa Timur 5 kasus, Banten 4 kasus, Sulawesi Utara 4 kasus, Yogyakarta 2 kasus, Kalimantan Timur 2 kasus, Jambi 1 kasus, Papua Barat 1 kasus, NTB 1 kasus, Kepulauan Riau 1 kasus, Bengkulu 1 kasus, Kalimantan Barat 1 kasus, dan Sulawesi Tenggara 1 kasus.

Baca Juga: Terpopuler: Virus corona mungkin menyebar di Indonesia, Dua menteri berkinerja buruk

Namun, bukan berarti Indonesia bisa bernapas lega. Pasalnya, ada berita buruk bahwa orang yang terinfeksi namun tidak terdeteksi kemungkinan secara tidak sadar menyebarkan virus yang sekarang telah membunuh lebih dari 800 jiwa dan menginfeksi lebih dari 31.000 orang.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×