kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,70   -25,03   -2.70%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemenag siapkan mitigasi penerapan protokol kesehatan di asrama haji


Kamis, 03 Juni 2021 / 12:19 WIB
Kemenag siapkan mitigasi penerapan protokol kesehatan di asrama haji
ILUSTRASI. Petugas membersihkan kaca di Asrama Haji Bekasi, Jawa Barat, Selasa (8/12/2020). ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/aww.


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Agama (Kemenag) terus melakukan persiapan, meskipun hingga hari ini Pemerintah Arab Saudi belum kunjung menyampaikan informasi resmi terkait teknis penyelenggaraan ibadah haji 1442 H / 2021 M. Salah satu persiapan yang dilakukan adalah penyiapan asrama haji.

"Bahwa kami, Kemenag, khususnya Ditjen PHU, siap melakukan apapun keputusan yang akan ditetapkan oleh pemerintah hari ini. Saya pastikan, 13 embarkasi di seluruh Indonesia siap menerima jemaah haji. Karena protapnya semuanya sama, bila mereka tidak melakukan persiapan, akan ada sanksi," ujar Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Khoirizi, saat meninjau kesiapan Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, Kamis (3/6).

Sementara Kepala UPT Asrama Haji Pondok Gede Jakarta Dasrul El Hakim menuturkan sejumlah mitigasi telah dilakukan untuk mempersiapkan kedatangan calon jemaah haji.

Baca Juga: BMW Astra laksanakan vaksinasi Covid-19 bagi seluruh karyawannya

"Kami telah menyiapkan 10 gedung penginapan. Dan satu di antaranya kami siapkan khusus digunakan bagi calon jemaah haji yang terindikasi covid-19. Posisinya ada di Gedung A, yang berada pada bagian paling belakangan komplek Asrama Haji Jakarta," ucap Dasrul.

Ia juga mengungkapkan, untuk memastikan kondisi gedung aman bagi jemaah, pengurus Asrama Haji Pondok Gede juga sudah melakukan penyemprotan desinfektan secara reguler.

"Kapasitas kamar pun kita sesuaikan dengan ketetapan protokol kesehatan. Yaitu 50%. Jadi tiap kamar kita isi dua orang," terang Dasrul.

Tak hanya itu, Asrama Haji Pondok Gede juga sudah dilengkapi fasilitas cuci tangan dan hand sanitizer, serta alat ukur suhu tubuh otomatis di depan gedung. Imbauan untuk menjaga protokol kesehatan juga ada di sekitar gedung seperti Masjid Al-Mabrur Komplek Asrama Haji Pondok Gede.

Baca Juga: Terapkan protokol kesehatan secara ketat saat beraktivitas di luar

Turut hadir dalam peninjauan tersebut, Staf Khusus Menteri Agama Wibowo Prasetyo, Sekretaris Ditjen PHU Ramadan Harisman, Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Saiful Mujab.

Selanjutnya: Per Rabu (2/6): Kasus Corona RI tembus 1.831.773, tetap pakai masker

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×