kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kejaksaan periksa manajer investasi besar di kasus BPJS Ketenagakerjaan


Rabu, 20 Januari 2021 / 22:55 WIB
Kejaksaan periksa manajer investasi besar di kasus BPJS Ketenagakerjaan
Gedung kantor Kejaksaan Agung RI di Jl. Sisingamangaraja Jakarta Selatan /Pho.Daniel/31/10/2006/KONTAN/difile oleh Daniel


Reporter: Ratih Waseso, Vendy Yhulia Susanto | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kasus dugaan penyelewengan pengelolaan dana investasi di Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan terus bergulir. Setelah Kejaksaan Agung memeriksa sebanyak enam orang di lingkup BPJS Keteganakerjaan, aparat penegak hukum itu kembali memeriksa para manajer investasi.

Dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id. pada Rabu 20 Januari 2021, tim Jaksa Penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jam Pidsus) Kejaksaan Agung memeriksa delapan orang sebagai saksi terkait dengan perkara dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) pada  pengelolaan keuangan dan dana investasi oleh Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Ternyata, saksi-saksi yang dipanggil oleh Kejaksaan adalah para manajer investasi yang berasal dari sejumlah perusahaan sekuritas yang ternama di negeri. Untuk lebih jelasnya, para saksi yang diperiksa tersebut adalah:
-JHT selaku Presdir PT Ciptadana Sekuritas;
-PS selaku Presdir BNP Paribas Asset Management;
-KBW selaku Deputi Direktur Pasar Modal BPJS TK;
-SMT selaku Asisten Deputi Analisis Pasar Uang dan Reksadana BPJS TK;
-MTT selaku Presdir PT Schroder Investment Management Indonesia;
-SM selaku Deputi Direktur Kepatuhan dan Hukum BPJS TK;
-WW selaku Direktur Utama PT Samuel Sekuritas Indonesia;
-OB selaku Direktur PT Kresna Sekuritas.   

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak menjelasakan pemeriksaan tersebut. “Pemeriksaan saksi dilakukan guna mencari fakta hukum dan mengumpulkan alat bukti tentang perkara dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) pada pengelolaan keuangan dan dana investasi oleh BPJS Ketenagakerjaan,” katanya dalam keterangan resmi, Rabu (20/1).

Baca Juga: Kejagung periksa enam saksi dari BPJS Ketenagakerjaan

Saat pemeriksaan, Leonard mengklaim pihaknya sudah memperhatikan protokol kesehatan tentang pencegahan penularan Covid-19. Antara lain dengan memperhatikan jarak aman antara saksi diperiksa dengan penyidik yang telah menggunakan APD lengkap . Para saksi juga mengenakan masker dan selalu mencuci tangan menggunakan hand sanitizer sebelum dan sesudah pemeriksaan.

Sebelumnya, pada Senin (18/1) sudah dilakukan penggeledahan di Kantor Pusat BPJS Ketenagakerjaan di kawasan Jakarta Selatan dan menyita data serta dokumen.

Sementara itu, Deputi Direktur Bidang Humas dan Antara Lembaga BP Jamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan Irvansyah Utoh Banja menuturkan, pihaknya mengedepankan azas praduga tak bersalah dan menghormati proses penyidikan yang sedang berlangsung di Kejaksaan Agung (Kejagung) RI.
“BPJamsostek siap untuk memberikan keterangan dengan transparan guna memastikan apakah pengelolaan investasi telah dijalankan sesuai tata kelola yang ditetapkan,” jelas Utoh dalam keterangan, Rabu (20/1).

Selanjutnya: Kejagung selidiki investasi BP Jamsostek, ini kata Menaker

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×