kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kasus Covid-19 global naik, Kemenkes minta masyarakat waspada


Minggu, 21 November 2021 / 09:03 WIB
Kasus Covid-19 global naik, Kemenkes minta masyarakat waspada
ILUSTRASI. Petugas kesehatan mengambil sampel untuk tes usap RT Polymerase Chain Reaction (PCR) di Skybridge, Bandara SMB II, Palembang, Sumatera Selatan, Senin (1/11/2021). ANTARA FOTO/Feny Selly/wsj.


Sumber: Kompas.com | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Maxin Rein Rondonuwu meminta semua pihak waspada meski kasus Covid-19 di Indonesia saat ini terkendali. 

Sebab, kasus Covid-19 secara global justru mengalami peningkatan. Saat ini, kata dia, total kasus Covid-19 secara global lebih dari 249 juta dengan kematian lebih 5 juta jiwa.  "Peningkatan kasus terutama di regional Eropa 7 persen peningkatan kasus, 10% peningkatan kematian," kata Maxi dalam keterangannya, Sabtu (20/11/2021). 

Hal tersebut ia sampaikan saat memaparkan Proyeksi Arah dan Kebijakan Penanganan Pandemi yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika, Sabtu. 

Maxi menyebut, negara dengan penambahan kasus tertinggi adalah Amerika Serikat, Inggris, Turki, dan Jerman dengan varian delta yang yaitu 99.64 dari total sekuensing yang dilakukan 60 hari terakhir. 

Baca Juga: Jumlah kasus Covid-19 aktif tidak bertambah hingga 20 November 2021

Padahal, kata dia, negara-negara tersebut angka vaksinasinya sudah tinggi. "Vaksin yang tinggi tidak jaminan, mesti didukung perubahan perilaku terhadap protokol kesehatan," ucap dia.  

Maxi menyebut, situasi pandemi Indonesia saat ini relatif terkendali. Namun, harus diwaspadai kenaikan kasus di global dan di daerah serta adanya subvarian AY 4.2. 

Dia menegaskan, strategi penanggulangan harus tetap dipertahankan yakni 3M, menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak dan 3T, testing, tracing, dan treatment agar situasi pandemi tetap terkendali. 

"Mempertahankan testing tetap tinggi melalui active dan passive case finding. Kemudian dengan peningkatan kapasitas pemeriksaan PCR di kabupaten/ kota," ucap dia.  

"Percepatan vaksinasi untuk mencapai herd immunity, terutama bagi lansia juga harus terus dilakukan," kata dia. 

Baca Juga: UPDATE Vaksinasi Covid-19 per 20 November: Ada penambahan vaksinasi 1,42 juta dosis

Maxi menyampaikan, luas wilayah Indonesia menjadi kerentanan tersendiri dalam menghadapi pandemi seperti saat ini.  Hal ini karena sejumlah faktor, pertama, Indonesia terdapat 35 bandara dengan akses langsung ke luar negeri, yakni Asia, Australia, dan Eropa. 

Kemudian, terdapat 135 pelabuhan laut juga dengan akses langsung ke luar negeri. Selain itu, Indonesia memiliki 10 pelintasan lintas darat batas negara (PLBDN) dengan Papua Nugini, Timor Leste, dan Malaysia. (Nicholas Ryan Aditya)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Meski Covid-19 di Indonesia Melandai, Kemenkes Minta Tetap Waspada Mengingat Peningkatan Kasus Global"

Selanjutnya: Capaian vaksinasi Covid-19 di Indonesia sudah on track dengan target yang ditetapkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×