kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.010,68   -0,95   -0.09%
  • EMAS957.000 -0,52%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Kapan Vaksin Dosis Keempat untuk Masyarakat? Ini Jawaban Kemenkes


Selasa, 02 Agustus 2022 / 08:17 WIB
Kapan Vaksin Dosis Keempat untuk Masyarakat? Ini Jawaban Kemenkes
ILUSTRASI. Sejak 29 Juli 2022, pemerintah telah memulai pemberian vaksin Covid-19 booster kedua atau dosis keempat kepada sekitar 4 juta tenaga kesehatan (nakes). TRIBUN JATIM/PURWANTO


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejak 29 Juli 2022, pemerintah telah memulai pemberian vaksin Covid-19 booster kedua atau dosis keempat kepada sekitar 4 juta tenaga kesehatan (nakes). 

Adapun dasar pemberian vaksin dosis lanjutan ini didasarkan pada Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/3615/2022 yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes, Kamis (28/7/2022). 

Mengapa sasaran pertama adalah tenaga kesehatan?

Melansir Kompas.com, tenaga kesehatan dianggap menjadi kelompok rentan yang perlu mendapatkan dosis lanjutan ini. Terlebih, pemberian vaksin dosis ketiga sudah dilakukan lebih dari 6 bulan yang lalu, sehingga imunitas yang dihasilkan dipastikan sudah menurun. 

Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, 27 Juli 2022. 

"Vaksin keempat sekarang sudah kita bagi, kita utamakan nakes dulu. Karena sekarang sudah enam bulan, data menujukkan imunitas menjadi menurun,” kata Budi Gunadi Sadikin, dikutip dari Kompas.com (27/7/2022). 

Baca Juga: Program Booster Kedua Dimulai, Ini Jenis dan Dosis Vaksinasi Covid-19 Dosis Keempat

Jika booster kedua bagi nakes sudah diagendakan bahkan sudah mulai diberikan, bagaimana dengan dosis keempat bagi masyarakat? 

Dosis keempat bagi masyarakat umum 

Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI, Siti Nadia Tarmizi menyebut hingga saat ini belum ada kepastian kapan pemberian vaksin Covid-19 dosis keempat bagi masyarakat umum akan dilakukan. 

"Belum yaa," kata Nadia saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (30/7/2022). 

Menurutnya, saat ini pemberian dosis keempat bagi masyarakat masih dalam tahap pengkajian, jadi belum diketahui, apakah dosis keempat perlu diberikan pada masyarakat atau tidak. Jika diperlukan pun belum bisa dipastikan kapan akan mulai diberikan. 

"Masih dikaji, kita tunggu dulu hasil kajiannya ya," ujar dia. 

Keterangan tidak jauh berbeda juga disampaikan Juru Bicara Covid-19 Kemenkes, Moh Syahril. Ia menjelaskan, saat ini pihak Kemenkes masih mempersiapkan regulasi pemberian dosis keempat bagi masyarakat umum. 

Baca Juga: Seberapa Penting Vaksin Dosis Ke-4 Covid-19? Ini Penjelasannya

"Tunggu saja ya berita resminya. Ini masih dipersiapkan semua, khususnya regulasinya. Kalau vaksinnya sudah siap," kata Syahril, dikutip dari Kompas.com (28/7/2022). 

Jika vaksin keempat bagi masyarakat umum nantinya sudah dipastikan ada, menurut Syahril, kelompok yang akan menerimanya terlebih dahulu adalah kelompok-kelompok yang dinilai berisiko tinggi. 

Misalnya kalangan lanjut usia (lansia), immunocompromised atau orang yang memiliki masalah sistem imun, dan pelayan publik. 

"(Regulasi vaksinasi Covid-19 dosis keempat) masih disiapkan, tidak lama lagi," tandasnya. 

Namun yang pasti, saat ini pemerintah memiliki stok vaksin yang cukup, sehingga jika pemberian dosis keempat ini akan dilakukan, vaksin dapat dipastikan ketersediaannya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kapan Booster Kedua untuk Masyarakat? Kemenkes: Vaksin Sudah Siap, Menunggu Penyusunan Regulasi"
Penulis : Luthfia Ayu Azanella
Editor : Inten Esti Pratiwi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Digital Marketing in New Normal Era The Science of Sales Management

[X]
×