kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45854,83   -7,61   -0.88%
  • EMAS917.000 -0,11%
  • RD.SAHAM -0.15%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Jokowi tekankan peran BI genjot ekonomi di tengah pandemi Covid-19


Kamis, 03 Desember 2020 / 13:35 WIB
Jokowi tekankan peran BI genjot ekonomi di tengah pandemi Covid-19
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo

Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.Presiden Joko Widodo meminta peran Bank Indonesia (BI) untuk terus menggenjot perekonomian Indonesia di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Hal itu dengan tujuan agar Indonesia menjadi kekuatan ekonomi di kawasan regional dan global. Di tengah krisis akibat pandemi Covid-19, gerak cepat diperlukan termasuk oleh BI.

"Saya berharap BI mengambil bagian yang lebih signifikan dalam reformasi fundamental yang sedang kita gulirkan," kata Jokowi dalam sambutan di Pertemuan Tahunan BI tahun 2020 melalui tayangan video, Kamis (3/12).

Jokowi berharap BI mampu berkontribusi dalam menggerakkan sektor riil di Indonesia. Selain itu juga mendorong penciptaan lapangan kerja baru serta membantu pelaku usaha terutama Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Baca Juga: Presiden Jokowi serahkan 18 nama calon Ombudsman 2020-2025 ke DPR, ini daftarnya

Pandemi dinilai memberikan tekanan yang besar bagi ekonomi nasional. Meski begitu Jokowi bilang saat ini Indonesia telah menunjukkan hasil positif dari penanganan Covid-19.

Penanganan tersebut termasuk pada sektor ekonomi. Hal itu Ia sampaikan melihat pergerakan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia yang telah menunjukkan perbaikan.

Asal tahu saja pada kuartal II-2020, pertumbuhan ekonomi Indonesia kontraksi 5,32%. Pada kuartal ketiga mengalami perbaikan meski masih kontraksi 3,49%.

"Artinya telah melewati titik terendahnya, titik balik menuju membaik," terang Jokowi.

Atas capaian tersebut Jokowi optimis ke depan Indonesia berada pada jalur perbaikan. Jokowi yakin pada kuartal keempat dan masuk tahun 2021 nanti ekonomi Indonesia akan menunjukkan perbaikan positif.

 

Selanjutnya: BI optimistis pertumbuhan ekonomi 2021 tembus hingga 5,8%

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing Sukses Berkomunikasi: Mempengaruhi Orang Lain Batch 3

[X]
×