kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi Siapkan Rp 15 Triliun untuk Pembangunan Jalan di Daerah Tahun Ini


Selasa, 07 Mei 2024 / 05:50 WIB
Jokowi Siapkan Rp 15 Triliun untuk Pembangunan Jalan di Daerah Tahun Ini
ILUSTRASI. Presiden RI Joko Widodo meresmikan pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah di Sulawesi Tengah pada Selasa (26/03/2024). Jokowi Siapkan Rp 15 Triliun untuk Pembangunan Jalan di Daerah Tahun Ini.


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali memastikan pembangunan jalan daerah berlanjut pada tahun ini. 

Ia mengatakan pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 15 triliun untuk pendanaan program itu di akhir masa jabatanya, 

"Kalau tahun lalu (pembangunan jalan daerah) habis Rp 14 triliun, untuk tahun ini disiapkan Rp 15 trilun," jelas Jokowi dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional 2024 di JCC Senayan Jakarta, Senin (6/5). 

Baca Juga: Pemerintah Siapkan Anggaran Rp 15 Triliun Untuk Bangun Jalan Daerah pada 2024

Meski begitu, Jokowi menekankan pembangunan jalan daerah akan diprioritaskan kepada daerah yang bisa mendongkrak kinerja ekonomi nasional. Misalnya, jalur logistik dari berbagai sentra produktif pertanian, sentra kerajinan, pariwisata dan lainya. "Jadi prioritasnya yang ada return ekonominya," ungkap Jokowi. 

Wakil Menteri Keungan, Suahasil Nazara mengatakan pihaknya telah menganggarkan sebesar Rp 12 triliun untuk pembangunan jalan daerah setiap tahun untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. 

Pada tahun lalu, Pemerintah bahkan menambah anggaran sebesar Rp 14 triliun sebagai tindak lanjut dari Instruksi Presiden (Inpres) No 3 Tahun 2023 tentang percepatan peningkatan konektivitas jalan daerah. 

Baca Juga: Jokowi Resmikan 10 Ruas Inpres Jalan Daerah di Kalimantan Timur Senilai Rp 561 Miliar

"Tahun lalu kita gelontorkan Rp 14 triliun kalau ditambah dengan Rp 12,5 yang dari Dana Alokasi Khusus (DAK), harusnya ini sudah membawa manfaat bagi masyarakat" kata Suahasil. 

Meski demikian, ia mengatakan pembagunan jalan daerah ini juga harus mendapatkan sambutan baik daerah pemerintah daerah melalui singkronisasi program. 

Dengan demikian, biaya yang telah dikucurkan membawa manfaat lebih kepada masyarakat dan pertumbuhan ekonomi nasional. "Kita berharap yang dilakukan pusat dan daerah terus singkron," jelas dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×