kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi: Perjalanan Pekanbaru-Bangkinang Kini Hanya 23 Menit


Kamis, 05 Januari 2023 / 05:41 WIB
Jokowi: Perjalanan Pekanbaru-Bangkinang Kini Hanya 23 Menit
ILUSTRASI. Jokowi meresmikan Jalan Tol Ruas Pekanbaru-Padang, Seksi Pekanbaru-Bangkinang pada Rabu (04/01/2023). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie, kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - PEKANBARU. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Ruas Pekanbaru-Padang, Seksi Pekanbaru-Bangkinang, Rabu (04/01/2023), di Gerbang Tol Bangkinang, Kabupaten Kampar, Riau. 

Jokowi optimistis keberadaan infrastruktur ini akan menumbuhkan daya saing produk-produk yang ada di Riau.

“Kita harapkan dengan jalan tol yang ada ini kecepatan mobilitas orang, barang, dan jasa semakin baik, sehingga menumbuhkan daya saing produk-produk yang ada di Provinsi Riau,” ujar Presiden.

Melansir Kompas.com, menurut Jokowi, dengan diresmikannya jalan Tol Pekanbaru-Padang, jarak tempuh dari Pekanbaru menuju Bangkinang hanya 23 menit dari sebelumnya 1,5-2 jam. 

Mengutip laman Setkab.go.id, keberadaan jalan tol sepanjang 30,9 kilometer yang dibangun dengan anggaran sebesar Rp 4,8 triliun ini, diharapkan dapat memicu tumbuhnya sentra ekonomi baru sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga: Kunker di Pekanbaru, Jokowi Cek Langsung Pelayanan BPJS Kesehatan

“Kita harapkan juga bisa menumbuhkan sentra-sentra ekonomi baru, dan pada akhirnya nanti akan membuka lapangan kerja dan memberikan kesejahteraan pada masyarakat,” kata Presiden.

Jokowi dalam sambutannya juga menyampaikan, jalan tol Pekanbaru-Dumai yang terlebih dahulu dioperasikan di Riau memiliki volume lalu lintas yang cukup tinggi, hingga di atas 8.000 kendaraan per hari.

“Nanti akan disambungkan lingkar Pekanbaru, sehingga Dumai-Pekanbaru-Bangkinang akan sambung, terus ke arah Padang,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Kompas.com memberitakan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bilang, jalan Tol Pekanbaru-Padang ini terhubung dengan kawasan-kawasan produktif seperti kawasan industri, pariwisata, bandara, dan pelabuhan. 

Baca Juga: Presiden Jokowi Melaksanakan Kunjungan Kerja ke Provinsi Riau

Hal ini, kata Basuki, akan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri. 

"Pada ruas Tol Pekanbaru-Padang, sekarang sudah bisa selesai Pekanbaru-Bangkinang, dan akan dilanjutkan sampai Pangkalan yang akan selesai pada 2024. Dari arah Padang, kini sedang dikerjakan Tol Padang-Sicincin, Insya Allah juga selesai 2024," kata Basuki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×