kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45941,11   -24,03   -2.49%
  • EMAS929.000 -0,11%
  • RD.SAHAM 0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.15%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.20%

Jokowi mendorong kerja sama kesehatan ASEAN dan AS


Selasa, 26 Oktober 2021 / 22:11 WIB
Jokowi mendorong kerja sama kesehatan ASEAN dan AS
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo menghadiri KTT ASEAN ke-39 dari Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Selasa (26/10/2021).

Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - BOGOR. Presiden Joko Widodo mendorong kerja sama kesehatan antara ASEAN dengan Amerika Serikat (AS). Jokowi bilang kondisi pandemi virus corona (Covid-19) telah menyadarkan pentingnya investasi di bidang kesehatan.

Pembangunan ketahanan kesehatan nasional akan menjadi modal dasar ketahanan kesehatan global. "Rantai pasok produksi obat-obatan, vaksin, alat-alat kesehatan harus didiversifikasi, termasuk ke kawasan Asia Tenggara," ujar Jokowi saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-9 ASEAN-AS secara virtual di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (26/10).

Lebih jauh, Jokowi menjelaskan bahwa ASEAN saat ini tengah membangun sebuah arsitektur kesehatan baru. ASEAN mengharapkan AS akan menjadi salah satu mitra utama pembangunan ketahanan kesehatan ASEAN.

Baca Juga: Para pemimpin Asia Tenggara tegur keras Junta Myanmar karena boikot KTT ASEAN

Sebagai informasi, Indonesia saat ini adalah koordinator dari kerja sama ASEAN-AS. Pada kesempatan itu, Jokowi menyampaikan apresiasi terhadap dukungan AS dalam vaksinasi di Asia Tenggara.

"Saya ingin menyampaikan apresiasi atas dukungan vaksin AS kepada negara-negara ASEAN yang jumlahnya lebih dari 30 juta. Upaya mencapai kesetaraan akses vaksin bagi semua negara akan menjadi kunci kecepatan dunia keluar dari pandemi," ungkap dia.

Selain kesehatan, Jokowi juga menyinggung isu kerja sama untuk mengimplementasikan ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP) secara terbuka dan inklusif. Melalui kerja sama konkret akan terbangun kepercayaan yang tinggi, yang akan dengan sendirinya menopang stabilitas dan perdamaian.

Baca Juga: Pidato di KTT ASEAN, Jokowi tekankan pentingnya penguatan lembaga ASEAN

"ASEAN mengharapkan kiranya AS dapat menjadi salah satu mitra utama dalam mengimplementasikan empat prioritas kerjasama AOIP yaitu maritim, konektivitas, SDGs dan kerja sama perdagangan investasi," jelasnya.

Kemitraan ASEAN-AS juga harus dapat penjadi pilar penting pemulihan ekonomi pascapandemi. Kepala Negara Republik Indonesia itu menyebut isu rantai pasok yang tidak terdiversifikasi dengan baik telah memperparah disrupsi pada saat dunia menghadapi krisis.

"Ke depan, ASEAN siap menjadi bagian penting dari rantai pasok perdagangan dunia. Integrasi ekonomi jelas menjadi kekuatan bagi ASEAN untuk menjadi bagian rantai pasok dunia," imbuhnya.

Di samping itu, kemitraan di bidang ekonomi hijau dan berkelanjutan harus menjadi prioritas dalam kemitraan ASEAN-AS. Termasuk di bidang transformasi teknologi dan energi.

Baca Juga: Pelaku usaha sebut AJCEP tingkatkan penetrasi perdagangan jasa

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Tuntas Mendelegasikan Tugas Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale Batch 4

[X]
×