kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi Larang Ekspor Bahan baku Minyak Goreng, Ini Kata Pengamat


Selasa, 26 April 2022 / 21:50 WIB
Jokowi Larang Ekspor Bahan baku Minyak Goreng, Ini Kata Pengamat
ILUSTRASI. Seorang pengunjung memilih minyak goreng yang dijual di supermarket di Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (23/12/2021). Jokowi Larang Ekspor Bahan baku Minyak Goreng, Ini Kata Pengamat.


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk melarang ekspor bahan baku minyak goreng dan minyak goreng mulai 28 April 2022. Kebijakan tersebut berlaku sampai batas waktu yang akan ditentukan kemudian.

Pengamat Pertanian Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI) Khudori mengatakan, kebijakan larangan ekspor bahan baku minyak goreng berpotensi menimbulkan kerugian yang luar biasa. Dia menyebut dengan larangan ini artinya pemerintah telah membuang banyak kesempatan.

“Bukan hanya devisa tetapi juga pajak ekspor, pungutan ekspor yang dikelola BPDPKS juga akan turun dan itu kalau betul akan berlangsung beberapa bulan lagi itu dampaknya akan lebih besar,” Katanya pada Kontan.co.id, Selasa (26/4).

Dia menjelaskan, jika pungutan ekspor yang dikelola BPDPKS itu turun juga akan mengancam pada program B30 terancam dan PSR dan program BPDPKS lainnya.

Terlebih kebijakan ini belum berlaku, sudah ada dampak yang terjadi di lapangan yang dirasakan oleh petani sawit. Khudori mendapat laporan bahwa harga tandan buah segar (TBS) petani sudah mulai turun harga imbas dari kebijakan ini.

Baca Juga: Ekspor Tiga Komoditas Bahan Baku Minyak Goreng Sawit Resmi Dilarang, Ini Kata Gapk

“Dan turunnya tidak kecil, bahkan di wilayah mana gitu ada yang tidak dipanen karena biaya panen dengan keuntunganya tidak sebanding sehingga dibiarkan busuk. Ini kan luar biasa belum berlaku tapi dampaknya sudah seperti itu,” tutur Khudori.

Menurutnya pemerintah perlu membuat kebijakan yang ramah pada pasar. Khudori menyebut kebijakan yang diterapkan selama ini justru kebijakan yang melawan pasar. Sehingga kebijakan yang diterapkan tidak ada yang berjalan maksiimal.

Berbalik dengan kebijakan pemerintah tentang larangan ekspor. Khudori justru meminta pemerintah mengoptimalkan pajak ekspor. Pengusaha diperbolehkan ekspor dan pemerintah bisa mendapatkan pungutan ekspor yang tinggi. Tentunya dengan pengawasan yang jelas.

“Dari situ kan akan mendapatkan pajak yang tinggi , dan termasuk perolehan ekspornya itu nanti akan tinggi. Dengan perolehan pajak yang tinggi dan perolehan ekspor yang tinggi pemerintah bisa melakukan subsidi,” tutur Khudori.

Khudori menilai, dengan pungutan ekspor dan pajak yang besar. Pemerintah bisa melakukan jaring pengaman sosial untuk memastikan kelompok yang rentan yang tergganggu daya belinya dengan kenaikan ini diberi subsidi itu.

Baca Juga: Bulog Siap Jadi Pengawas Distribusi Minyak Goreng Jika Ditugaskan




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×