kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi borong tempe, Sandiaga usulkan lomba cari bentuk tempe


Kamis, 01 November 2018 / 05:42 WIB
Jokowi borong tempe, Sandiaga usulkan lomba cari bentuk tempe
ILUSTRASI. KAMPANYE SANDIAGA DI BATAM


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menjelang pelaksanaan Pemilu 2019, tempe masih menjadi isu penting yang dibahas para pasangan kandidat calon presiden dan calon wakil presiden. Lihat saja, calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno mengajak calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) untuk lomba mencari bentuk tempe di seluruh pasar di Indonesia.

Hal itu disampaikan Sandiaga setelah pada Selasa (30/10), Jokowi blusukan ke Pasar Suryakencana, Bogor, Jawa Barat, dan memborong tempe.

Jokowi mengatakan, tempe yang dibelinya berukuran tebal. Pernyataan ini seolah membantah ungkapan Sandiaga yang menyebutkan tempe setipis kartu ATM.

Menurut Sandiaga, tempe bisa dijadikan salah satu bahasan pada Pemiihan Presiden 2019 karena merupakan makanan favorit di Indonesia.

"Sekarang kita lakukan pencarian tempe seperti apa ke depan. Ini menarik, karena kita mengerucutkan pemilu ini ke satu diskursus ke makanan yang paling favorit di Indonesia," kata Sandi, saat ditemui di Gedung Serbaguna Rumah Jabatan Anggota DPR RI, Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (31/10).

Sandiaga menyebutkan, tantangan pencarian ukuran tempe itu juga untuk melihat reaksi masyarakat. "Coba kita lihat bagaimana reaksi di seluruh wilayah di Indonesia, baik dari kunjungan Jokowi dan saya. Nanti kita berlomba-lomba melihat ukuran tempe," kata Sandiaga.

Dari tantangan ini, menurut dia, untuk mengetahui fakta di pasar soal ukuran tempe.

Dari blusukannya di Bogor, Jokowi memastikan harga kebutuhan pokok terkendali dan memborong tempe. "Tadi ngelihat sendiri ya, tebal (ukuran tempenya)," ujar Jokowi, Selasa.

Sebaliknya, Sandi mengaku menemukan tempe dari beragam ukuran dan ketebalan saat blusukan. Ada tempe seperti bentuk gawai jaman dulu (jadul), tablet, setipis kartu ATM, dan sebagainya. (Christoforus Ristianto)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sandiaga Ajak Jokowi Lomba Cari Ukuran Tempe di Seluruh Indonesia"


https://nasional.kompas.com/read/2018/10/31/17580111/sandiaga-ajak-jokowi-lomba-cari-ukuran-tempe-di-seluruh-indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×