kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Jadi yang terbanyak selama Asian Games, turis China capai 10 ribu orang


Selasa, 16 Oktober 2018 / 18:42 WIB
Jadi yang terbanyak selama Asian Games, turis China capai 10 ribu orang
Kementerian PPN/Bappenas klaim dampak Asian Games 2018

Berita Terkait

Reporter: Abdul Basith | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. China menyumbang Wisatawan Mancanegara (Wisman) terbanyak selama perhelatan Asian Games 2018 di Indonesia

Asal tahu saja total Wisman saat Asian Games mencapai hampir 80.000 orang. Sementara, Wisman China yang datang ke Indonesia mencapai 10.375 orang.


Selain China terdapat beberapa negara lainnya yang juga menyumbang Wisman cukup besar ke Indonesia. Pada urutan kedua penyumbang Wisman adalah Jepang, lalu disusul oleh Korea.

"Paling besar itu mirip dengan urutan waktu medali emas asian games, yaitu China, Jepang, dan Korea," ujar Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) / Kepala Badan Perencanaan Nasional (BPN) Bambang Brodjonegoro saat acara Forum Merdeka Barat (FMB) 9, Selasa (16/10).

Wisman China juga merupakan salah satu yang paling lama menghabiskan waktu di Indonesia. Berdasarkan data yang disampaikan oleh Bambang, Wisman asal China menghabiskan waktu rata-rata 15 hari di Indonesia.

Angka tersebut di bawah capaian Wisman India di posisi pertama yang menghabiskan waktu hingga 16 hari. Beberapa tempat kerap menjadi tujuan wisata usai Asian Games.

Wisman China pun merupakan yang terbanyak berpindah keluar kota penyelenggara pasca Asian Games. "Wisman China merupakan wisatawan yang paling banyak keluar Jakarta setelah Asian Games," terang Bambang.

Lokasi yang paling banyak dikunjungi Wisman secara keseluruhan adalah Bandung, Banyuasin, dan Pontianak. Namun, setelah Asian Games selesai daerah seperti Banyuasin, Bali, dan Batam menjadi pilihan rekreasi Wisman.




TERBARU

Close [X]
×