kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini Pentingnya Pelaku UMKM Punya Nomor Induk Berusaha


Rabu, 06 Juli 2022 / 19:05 WIB
Ini Pentingnya Pelaku UMKM Punya Nomor Induk Berusaha
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadali menyampaikan kata sambutan pada acara Pemberian Nomor Induk Berusaha (NIB) Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) Perseorangan di De Tjolomadoe, Karanganyar, Jawa Tengah, Rabu (6/7/2022).


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah mendorong para pelaku usaha mikro kecil (UMK) maupun usaha kikro kecil menengah (UMKM) untuk memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB).

Menteri Investasi /Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BPKM) Bahlil Lahadalia mengatakan, NIB merupakan hal penting yang perlu dimiliki para pelaku UMK dan UMKM.

Dengan memiiki NIB, pelaku usaha akan mendapatkan kemudahan pendanaan dan juga pendampingan yang akan dibantu Kementerian BUMN serta Kementerian Koperasi dan UKM.

“Dengan NIB pelaku usaha akan lebih mudah mendapatkan pendanaan yang akan dibantu Kementerian BUMN. Serta akan memperoleh pembinaan dari Kementerian Koperasi dan UKM,” kata Bahlil, Rabu (6/7).

Bahlil berharap, dengan penerbitan NIB diharapkan mempermudah pelaku UMK dan UMKM cepat naik kelas.

Baca Juga: Menteri Investasi Bahlil Sebut Pemulihan Ekonomi Global Jadi Perhatian Khusus G20

Menteri BUMN Erick Thohir menambahkan, kolaborasi ini merupakan keberpihakan pemerintah dalam pembangunan ekonomi kerakyatan.

“Kementerian Investasi, Kementerian BUMN dan Kementerian Koperasi UKM berkolaborasi melakukan kemudahan tidak hanya mendapatkan izin tetapi juga mendapatkan pembiayaan,” kata Erick.

Eric menyebut, selama ini UMK ataupun UMKM kesulitan naik kelas karena banyak dari mereka yang tidak memiliki akses pembiayaan.

Sementara untuk memperoleh pembaiyaan perlu data yang akurat. Maka itu, dengan lahirnya NIB yang didaftarkan melalui platform Online Single Sumission (OSS) berbasis risiko, semua UMK dan UMKM akan terdata dan dapat dipercaya untuk mendapatkan pembiayaan.

Baca Juga: Menteri Bahlil Singgung Kebijakan Larangan Ekspor Nikel di Forum TIIWG G20

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×