kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.894.000   -2.000   -0,11%
  • USD/IDR 16.208   -7,00   -0,04%
  • IDX 7.898   -32,88   -0,41%
  • KOMPAS100 1.110   -7,94   -0,71%
  • LQ45 821   -5,85   -0,71%
  • ISSI 266   -0,63   -0,24%
  • IDX30 424   -3,04   -0,71%
  • IDXHIDIV20 487   -3,38   -0,69%
  • IDX80 123   -1,10   -0,89%
  • IDXV30 126   -1,56   -1,22%
  • IDXQ30 137   -1,32   -0,96%

Ini modus perusahaan asing ngemplang pajak


Sabtu, 13 Desember 2014 / 18:03 WIB
Ini modus perusahaan asing ngemplang pajak
ILUSTRASI. PPDB Jabar Jenjang SMA/SMK Tahap 2 Tahun 2023 Masih Buka, Ini Link & Syarat Daftarnya. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/YU


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brojonegoro mengatakan bahwa banyak perusahaan-perusahaan asing yang tidak pernah membayar pajak. Parahnya, kata dia, saat petugas pajak datang, perusahaan-perusahaan tersebut menggunakan jasa preman untuk menakut-nakuti petugas pajak.

"Ketika petugas pajak datang, mereka menghadapi dengan preman, yang jaga pabrik. Akhirnya petugas kita tidak berani. Artinya mereka tidak dilatih untuk menghadapi preman. Kalau menghadapi preman ya ciut juga," kata Bambang saat berkunjung ke Kantor Kompas Gramedia, Jumat malam (12/12).

Lebih lanjut, saat ini ada sekitar 1.000 perusahan asing yang tidak pernah bayar pajak. Bahkan, hanya 0,7 persen wajib pajak yang bisa di cek kebenarannya. Alhasil, tax ratio tidak pernah melebihi angka 12 persen.

Oleh karena itulah, petugas pajak saat ini telah menggandeng Polisi atau KPK saat melakukan pengecekan terhadap perusahaan-perusahaan yang terindikasi tidak membayar pajak. Disisi lain, Bambang pun mengaku akan terus memperbaiki data setiap wajib pajak.

Dengan begitu, kata dia, nantinya akan bisa mempermudah petugas untuk mengecek kebenaran pembayaran pajak apakah sesuai atau tidak dengan harta atau asset yang dimiliki. (Yoga Sukmana)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mengelola Tim Penjualan Multigenerasi (Boomers to Gen Z) Procurement Strategies for Competitive Advantage (PSCA)

[X]
×