kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini mekanisme pengajuan Kartu Pekerja di Jakarta


Kamis, 15 November 2018 / 21:31 WIB
Ini mekanisme pengajuan Kartu Pekerja di Jakarta
ILUSTRASI. Anies Baswedan hadiri pertemuan bilateral di U20 Global Summit


Reporter: Kiki Safitri | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja dengan memperluas manfaat Kartu Pekerja Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswesan mengungkapkan bahwa kartu pekerja untuk memastikan kebutuhan buruh terpenuhi. "Upah minimal meningkat karena biaya hidup meningkat, karena itulah upahnya meningkat agar meng-cover biaya hidup. tujuan kita adalah memastikan bahwa pekerja cukup tabungan, jangan sampe pendapatannya lebih kecil dari pengeluaran," ujar Anies kepada Kontan.co.id, Kamis (15/11).

Untuk mencukupi kebutuhan buruh, Anies menyebut ada dua cara yang bisa dilakukuan salah satunya dengan menggunakan kartu pekerja. "Caranya dua, satu meningkatkan penghasilan UMP nya seperti saat ini dan yang kedua dengan menurunkan pengeluaran. pengeluaran diturunkan dengan cara apa dengan biaya transportasi dibantu oleh pemprov, biaya pendidikan dibantu oleh pemprov, kemudian belanja pangan dibantu oleh pemprov," ujarnya.

Tata cara pengajuannya tidak sulit, pemohon mengumpulkan fotokopi KTP, KK, NPWP, Slip Gaji, dan Surat Keterangan dari Perusahaan, lalu pendaftaran dilakukan melalui Dinas dan Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi DKI Jakarta atau melalui Tim Kerja (Serikat Pekerja, Asosiasi, atau Disnaker).

Selanjutnya disnakertrans Provinsi DKI Jakarta melakukan verifikasi terhadap data permohonan yang diajukan. Kemudian pemohon melakukan pembukaan rekening Bank DKI (minimal deposit 50.000 rupiah) serta Bank DKI mencetak kartu bagi pemohon yang dinyatakan lolos verifikasi.

Disnakertrans Provinsi DKI Jakarta bersama Bank DKI kemudian akan mendistribusikan kartu di titik-titik yang telah disepakati dengan Federasi SP/SB. Sesuai rilis yang diterima KONTAN, Kamis (15/11) ada beberapa titik lokasi penyediaan pangan dengan harga murah bagi penerima Kartu Pekerja Jakarta. Misalkan di perumda Pasar Jaya (96 titik Lokasi), RPTRA (110 titik Lokasi), Rusun (18 titik Lokasi), Meat Shop Dharma Jaya (2 titik Lokasi) dan Koperasi Serikat Pekerja yang ditetapkan Tim kerja. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×