kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45989,59   -6,37   -0.64%
  • EMAS998.000 -0,60%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Ini Manfaat Vaksin Covid-19 Dosis Keempat, Sudah Tahu?


Jumat, 29 Juli 2022 / 08:25 WIB
Ini Manfaat Vaksin Covid-19 Dosis Keempat, Sudah Tahu?
ILUSTRASI. Epidemiolog mengatakan bahwa rencana pemberian dosis keempat bagi nakes merupakan sesuatu yang penting untuk dilakukan. Tribunnews/Jeprima


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam waktu dekat, pemerintah akan menggulirkan vaksinasi Covid-19 dosis keempat. 

Mengutip Kompas.com, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, penerima vaksin Covid-19 dosis keempat diutamakan untuk tenaga kesehatan (nakes).

"Vaksin keempat sekarang sudah kita bagi, kita utamakan nakes dulu. Karena sekarang sudah enam bulan, data menujukkan imunitas menjadi menurun," kata Budi.

Dia juga bilang bahwa vaksin dosis keempat dibutuhkan untuk kembali menguatkan imunitas tubuh para nakes. 
“Vaksin keempat sekarang sudah kita bagi, kita utamakan nakes dulu. Karena sekarang sudah enam bulan, data menujukkan imunitas menjadi menurun,” kata Budi dikutip dari Kompas.com, Rabu (27/7/2022). 

Budi mengungkapkan jika vaksin Covid-19 di Indonesia saat ini masih melimpah, sehingga dipastikan nakes tidak akan kekurangan vaksin untuk program vaksinasi dosis keempat.

Baca Juga: Dimulai Hari Ini (29/7), Cek Alasan Harus Vaksin Booster 2 / Vaksinasi Covid-19 Ke-4

Penjelasan epidemiolog

Epidemiolog dari Griffith University Australia Dicky Budiman mengatakan bahwa rencana pemberian dosis keempat bagi nakes merupakan sesuatu yang penting untuk dilakukan. 

Hal tersebut untuk memastikan layanan kesehatan masyarakat tidak terganggu dengan adanya nakes yang terlindungi pada saat situasi pandemi Covid-19. 

"Adanya atau keberadaan proteksi yang maksimal bagi tenaga kesehatan itu diperlukan," kata Dicky kepada Kompas.com, Kamis (28/7/2022). 

Selain itu, nakes juga termasuk kelompok yang masuk kelompok berisiko tinggi, karena berhadapan langsung dengan pasien dan orang yang kemungkinan terinfeksi Covid-19. 

"Termasuk juga berada di lingkungan berisiko tinggi untuk terpapar atau bahkan memaparkan Covid-19," jelas Dicky.

Baca Juga: Kapan Masyarakat Umum Bakal Mendapatkan Vaksin Covid-19 Dosis Keempat?

Manfaat dosis keempat untuk nakes 

Dicky menyebut jika pemberian dosis keempat bagi nakes dapat bermanfaat untuk masyarakat, yaitu agar masyarakat bisa mendapat pelayanan kesehatan yang maksimal, tidak terganggu kondisi kesehatan nakes. 

"Orang yang divaksin meskipun dia terinfeksi itu potensi dia membawa virus itu sedikit banget, maksudnya virus yang ada dalam tubuhnya sedikit banget," ujar Dicky. 

Meskipun dapat menularkan, tetapi orang yang sudah divaksin dapat meminimalkan kemungkinan mereka menjadi sumber penularan virus kepada orang lain. 

Dicky menjelaskan, meski vaksin dapat mencegah keparahan dan tingkat kematian, namun vaksin juga memiliki kelemahan. 

Kelemahan tersebut terdapat pada durasi proteksi dari vaksin yang belum bisa mencapai satu tahun lamanya. Rata-rata dalam rentang 4-6 bulan, kemampuan proteksi tersebut sudah menurun. 

Baca Juga: Suntik Vaksin Covid-19 Dosis Keempat Dimulai Besok (29/7), Ini Peserta

Jadi ketika nakes selalu menerima vaksinasi lebih awal dari masyarakat umum, maka bisa dipastikan efektivitas vaksin tersebut tentunya sudah berkurang sekarang ini. 

"Jadi tentu wajar kalau mereka diberikan proteksi lagi, dan ini merupakan kewajiban pemerintah" ungkap Dicky. 

Dicky sangat mendukung keputusan pemerintah untuk memberikan vaksin dosis keempat kepada nakes untuk kemudian berlanjut memberikannya kepada semua masyarakat. 

"Tapi dengan keterbatasan tenaga kesehatannya, vaksinatornya dan vaksinnya, tentu diperlukan prioritas mana yang memberikan manfaat lebih besar dari strategi kesehatan masyarakat," kata Dicky.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Nakes Akan Terima Vaksin Covid-19 Dosis Keempat, Ini Manfaatnya Menurut Epidemiolog"
Penulis : Taufieq Renaldi Arfiansyah
Editor : Inten Esti Pratiwi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×