kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45986,24   -9,72   -0.98%
  • EMAS1.004.000 inf%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Ini Instruksi Jokowi Atasi Monkeypox, Cek juga Ciri-Ciri Cacar Monyet Hari Ke Hari


Rabu, 24 Agustus 2022 / 04:55 WIB
Ini Instruksi Jokowi Atasi Monkeypox, Cek juga Ciri-Ciri Cacar Monyet Hari Ke Hari


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Indonesia menjadi salah satu negara yang terdeteksi kasus cacar monyet atau monkeypox. Berikut instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengatasi cacar monyet. Simak pula ciri-ciri penularan cacar monyet dari hari ke hari agar bisa langsung mendapatkan penanganan tepat saat gejala muncul.

Kementerian Kesehatan memastikan satu warga negara Indonesia terkonfirmasi menderita monkeypox (cacar monyet). Pasien monkeypox / cacar monyet tersebut merupakan seorang laki-laki berusia 27 tahun, dengan riwayat perjalanan ke Belanda, Swiss, Belgia dan Perancis sebelum tertular.

Berdasarkan penelusuran, pasien berpergian ke luar negeri antara tanggal 22 Juli hingga tiba kembali di Jakarta pada 8 Agustus 2022. Pasien mulai mengalami gejala awal monkeypox / cacar monyet di tanggal 11 Agustus 2022.

Setelah berkonsultasi ke beberapa fasilitas kesehatan, pasien monkeypox / cacar monyet tersebut masuk ke salah satu rumah sakit milik Kementerian Kesehatan pada tanggal 18 Agustus 2022. Hasil test PCR pasien terkonfirmasi positif monkeypox / cacar monyet pada malam hari tanggal 19 Agustus 2022.

Mengutip keterangan resmi, Presiden Jokowi memberikan sejumlah arahan guna mencegah terjadinya penyebaran kasus cacar monyet atau monkeypox di tanah air. Hal ini disampaikan Presiden dalam keterangannya usai meninjau progres renovasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), di Jakarta, Selasa (23/08/2022).

Baca Juga: Ini Kelompok Paling Rentan Tertular Cacar Monyet Versi WHO

Pertama, Presiden menginstruksikan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin untuk segera menyediakan vaksin cacar monyet. “Sudah saya perintahkan kepada Menkes yang pertama urusan vaksin segera,” ujar Presiden.

Selain vaksinasi, Presiden juga perintahkan jajaran terkait untuk lebih memperketat pemeriksaan di pintu-pintu masuk ke Indonesia. “Yang kedua, untuk tempat-tempat yang interaksinya tinggi, kemudian gerbang-gerbang masuk ke negara kita betul-betul dicek secara ketat,” tutur Kepala Negara.

Meski demikian, Kepala Negara meminta masyarakat untuk tidak panik karena penularan cacar monyet terjadi pada saat pasien sudah bergejala dan melalui kontak fisik dengan pasien.

“Tetapi ini juga tidak perlu kita terlalu panik karena penularannya lewat kontak langsung bukan lewat droplet. Saya rasa yang paling penting adalah kesiapan-kesiapan kita mengatasi itu,” ujar Presiden.

Ciri-ciri cacar monyet

Ciri-ciri penularan cacar monyet bisa dilihat secara fisik. Masyarakat perlu mengenali ciri-ciri penularan cacar monyet sebagai bentuk kewaspadaan.

Mengutip Kompas.com, berikut ciri-ciri cacar monyet dari hari ke hari:

1. Masa inkubasi

Masa inkubasi adalah selang waktu yang berlangsung antara pajanan terhadap patogen hingga gejala-gejala pertama kali muncul. Masa inkubasi dimulai selama 5 hingga 13 hari atau 5 hingga 21 hari sejak tertular hingga muncul gejala.

Pada masa ini, belum ada ciri-ciri penularan cacar monyet yang bisa dilihat secara fisik.

2. Masa invasi

Invasi merupakan tahap pertumbuhan dan perkembangan patogen setelah terjadi infeksi. Masa invasi dimulai selama 0 hingga 5 hari sejak masa inkubasi. Pada masa invasi ini mulai muncul gejala cacar monyet.

Ciri-ciri penularan cacar monyet pada tahap ini antara lain demam tinggi, sakit kepala, ada benjolan atau pembesaran kelenjar limfa di leher, ketiak, atau selangkangan.

3. Masa erupsi

Masa erupsi terjadi 1 hingga 3 hari pasca-demam. Pada masa erupsi, ciri-ciri penularan cacar monyet adalah mulai muncul ruam pada wajah, telapak tangan, kaki, mukosa, alat kelamin, dan selaput lendir mata.

Perlu diketahui bahwa cacar monyet bisa sembuh sendiri setelah 2 hingga 4 minggu pasca-masa inkubasi.

Itulah ciri-ciri cacar monyet yang harus diwaspadai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×