kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.016,36   10,57   1.05%
  • EMAS980.000 -0,81%
  • RD.SAHAM -0.27%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Ini dua langkah yang akan dilakukan kepala BKPM Bahlil Lahadalia


Rabu, 23 Oktober 2019 / 14:49 WIB
Ini dua langkah yang akan dilakukan kepala BKPM Bahlil Lahadalia
ILUSTRASI. Mantan Ketua HIPMI Bahlil Lahadalia meninggalkan Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/10/2019). Menurut rencana, presiden Joko Widodo akan memperkenalkan jajaran kabinet barunya kepada publik hari ini usai dilantik Minggu (20/10/2019) kemarin


Reporter: Yusuf Imam Santoso | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bahlil Lahadalia resmi menyandang sebagai Kepala Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM) periode 2019-2024 pada Rabu (23/10). 

Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) periode 2015-2019 ini menyampaikan ada dua langkah terdekat yang akan dilaksanakan dalam kepemimpinannya di BKPM.

Pertama, Bahlil bilang dirinya akan berkoordinasi dengan jajaran internal BKPM untuk mengeksekusi daftar investasi baik penanaman modal asing (PMA) maupun penanaman modal dalam negeri (PMDN) yang sudah tercatat di BKPM sampai saat ini.

Baca Juga: Bahlil Lahadalia mengaku kaget ditunjuk jadi Kepala BKPM

Kedua, Bahlil akan berupaya menggali potensi investasi asing untuk datang ke pasar dalam negeri. Namun demikian, untuk strategi lebih lanjut Bahlil mengaku akan melakukan kajian lebih lanjut dengan kepala BKPM sebelumnya yakni Thomas Lembong.

“Sudah diteken perjanjiannya oleh pak Thomas Lembong sudah dilakukan itu tinggal bagaimana eksekusi di lapangannya kita fokus ke sana,” kata Bahlil usai serat terima jabatan kepala BKPM, di kantornya,  Rabu (23/10).

Bahlil mengaku tangan investasi di Indonesia tidak terlepas dari faktor eksternal seperti perang dagang Amerika Serikat (AS) dan Chin, Brexit, hingga geopolitik global yang menyebabkan perlambatan pertumbuhan ekonomi. 

Baca Juga: Ketua MPR Bambang Soesatyo berharap menteri baru bisa bantu Jokowi

“Tantangan ke depan di global saat ini belum terlalu bagus. Tapi saya yakini akan ada peluang, nanti strateginya akan dirincikan,” ungkap Bahlil.

Di sisi lain, Bahlil tidak memungkiri bahawa perizinan investasi di Indonesia tumpang tindih. Dia bercerita saat menjadi pengusaha banyak sekali aturan yang didak selaras antara izin provinsi, kabupaten/kota, hingga kementerian dan lembaga (K/L) sekalipun BKPM sudah punya Online Single Submission (OSS).

Sehingga hal tersebut menyebabkan permasalahan pada tingkat implementasi investasi Indonesia secara keseluruhan. Untuk itu, eksekusi perbaikan perizian inilah yang diakuinya akan menjadi program selanjutnya.

Baca Juga: Pernah jadi sopir angkot, kini Bahlil Lahadalia menggantikan Thomas Lembong

Asal tahu saja, di periode kepemimpinan Jokowi kali ini pemerintah membentuk Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi yang dipimpin oleh Luhut Panjaitan. 

Bahlil menilai tidak ada masalah soal langkah presiden tersebut. Apalagi, Luhut memiliki latar belakang pengusaha, menteri senior, dan memilihi hubungan baik dengan negara lain. Sehingga harapannya, kedua belah pihak dan kementerian terkait lainnya dapat bahu membahu meningkatkan investasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Data Analysis with Excel Pivot Table Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×