kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,55   2,12   0.24%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Indonesia-Korea Financial Cooperation Forum, Upaya Dukung Jasa Keuangan Berkelanjutan


Sabtu, 09 September 2023 / 07:57 WIB
Indonesia-Korea Financial Cooperation Forum, Upaya Dukung Jasa Keuangan Berkelanjutan
Indonesia-Korea Financial Forum ke-2 upaya memperkuat kolaborasi antara Korea Selatan dan Indonesia di bidang keuangan.


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Setelah sukses diselenggarakan pada tanggal 4 September 2023, Indonesia - Korea Financial Forum ke-2, yang diinisiasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Council on International Financial Cooperation (CIFC), mencatat perkembangan positif dalam upaya memperkuat kolaborasi antara Korea Selatan dan Indonesia di bidang keuangan. 

Dengan tema Forging the Future of Finance: Strengthening Collaboration and Sustainable Finance in Korea and Indonesia, acara tersebut berhasil mengundang pemangku kepentingan dari berbagai industri dan regulator kedua negara.

Ketua Dewan Komisioner OJK, Mahendra Siregar, di Jakarta, Senin, menyatakan, OJK dan industri jasa keuangan Indonesia berkomitmen untuk terus belajar dan berbagi mengenai perkembangan terkini dari inisiatif keuangan berkelanjutan. 

Baca Juga: Transaksi digital meningkat, pertumbuhan kartu kredit terangkat

"Kami mengapresiasi kerja sama dengan FSC, CIFC, serta para pelaku industri jasa keuangan Indonesia dan Korea dalam bertukar pengetahuan dan best practice," ujar Mahendra.

Acara ini dihadiri oleh 130 partisipan dari regulator dan industri jasa keuangan kedua negara dengan fokus pembahasan: Pertama, Keuangan Berkelanjutan dalam Lanskap Keuangan Indonesia dan Korea. Kedua, Peran Kolaborasi dalam Membentuk Masa Depan Sektor Jasa Keuangan, khususnya di sektor Asuransi, Penjaminan, Pasar Modal, dan Infrastruktur Keuangan kedua negara.

Mahendra juga menekankan pentingnya penguatan jasa keuangan berkelanjutan dalam menghadapi dampak perubahan iklim global. Menurutnya, kolaborasi antara regulator dan pelaku industri adalah kunci untuk pengembangan keuangan berkelanjutan yang terukur dan terarah.

Baca Juga: Tingkatkan Kualitas Manajemen Risiko, CBI Jalin Kerjasama dengan WOM Finances

Anton K Adiwibowo, Direktur Bisnis & Layanan di Credit Bureau Indonesia (CBI), menyatakan, forum ini memberikan platform berharga untuk berdiskusi tentang tantangan dan peluang dalam pengembangan infrastruktur keuangan di Indonesia.  "Kami di CBI berkomitmen untuk mendukung OJK dalam ekosistem keuangan yang berkelanjutan dan inklusif," ucapnya.

Indonesia - Korea Financial Forum ke-2 telah membuktikan efektivitasnya dalam membangun jaringan, mendorong kolaborasi, dan menghasilkan solusi inovatif untuk industri keuangan global. Semua pihak berharap momentum ini berlanjut untuk mencapai tujuan pembangunan ekonomi berkelanjutan.

Sebagai catatan, CBI adalah Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan yang diawasi oleh OJK, menyediakan layanan dan produk informasi perkreditan dengan sumber data SLIK dan lainnya yang akurat.

Baca Juga: OJK Susun POJK tentang Dana Pensiun, Simak Poin Pentingnya

Produk-produk ini dirancang untuk mendukung proses pengambilan keputusan strategis, penilaian risiko kredit, dan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan di Indone

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×