kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.468.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.946   -52,00   -0,33%
  • IDX 7.161   -53,30   -0,74%
  • KOMPAS100 1.094   -8,21   -0,74%
  • LQ45 872   -4,01   -0,46%
  • ISSI 216   -1,82   -0,84%
  • IDX30 446   -1,75   -0,39%
  • IDXHIDIV20 540   0,36   0,07%
  • IDX80 126   -0,84   -0,67%
  • IDXV30 136   0,20   0,15%
  • IDXQ30 149   -0,29   -0,20%

Indonesia dan Malaysia pacu produk halal


Selasa, 02 Agustus 2016 / 08:00 WIB
Indonesia dan Malaysia pacu produk halal


Reporter: Barratut Taqiyyah | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Indonesia melakukan kerja sama dengan Malaysia dalam hal pengembangan produk halal dan promosi melalui kadin.ehalal.com untuk menjawab tingginya permintaan produk halal di pasar global.

CEO Halal Industry Development Corporation (HDC) Dato’ Seri Jamil Bidin mengungkapkan permintaan yang tinggi terhadap produk halal belum bisa dipenuhi oleh produsen yang ada.

“Belum sampai 20% dari permintaan. Maka ini adalah kondisi yang kritis, tidak mungkin bisa dipenuhi hanya oleh satu negara,” ucapnya dalam acara forum ehalal.com di Jakarta, Senin (1/8).

Dengan itu, Indonesia dan Malaysia sebagai negara dengan penduduk muslim yang besar dipandang perlu bekerja sama.

Sementara itu, Ketua Kamar Dagang Indonesia Rosan P Roeslani mengatakan, ada beberapa hal penting bila ingin meningkatkan produk halal di Indonesia.

"Membangun kesiapan dan mengembangkan sikap aksestabilitas dalam menghadapi tantangan atas memanfaatkan peluang yang berkembang didalam dunia usaha, seperti bisnis produk halal," ujar Rosan.

Persaingan memperebutkan pasar produk halal pada era perdagangan bebas pada saat ini tidak lagi menjadi monopoli negara-negara Islam atau negara negara berpenduduk muslim terbesar.

"Negara-negara non muslim telah mempersiapkan perangkat sarana dan persyaratan kehalalan suatu produk sehingga dapat diterima oleh konsumen produk halal," ungkapnya.

Rosan menyebut nilai pasar produk halal pada 2014 mencapaiUS$  2,3 triliun dan angkanya diproyeksi meningkat menjadi US$ 3,7 triliun pada 2019.

Permintaan produk halal tidak hanya dari negara dengan penduduk muslim saja yang besar, tapi juga dari negara-negara nonmuslim. (Pramdia Arhando Julianto)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Advokasi Kebijakan Publik di Era Digital (Teori dan Praktek) Mengenal Pentingnya Sustainability Reporting

[X]
×