kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45854,83   -7,61   -0.88%
  • EMAS917.000 -0,11%
  • RD.SAHAM -0.15%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

INDEF: Selama masa pandemi, UMKM menjadi salah satu sektor yang paling terdampak


Rabu, 10 Juni 2020 / 16:13 WIB
INDEF: Selama masa pandemi, UMKM menjadi salah satu sektor yang paling terdampak
ILUSTRASI. UKM Bertahan Saat Krisis: Pekerja UKM pembuatan roti di Tangerang Selatan, Kamis (9/4). Untuk bertahan di tengah Kenaikan harga-harga bahan baku utama pembuatan roti seperti gula dan terigu, ukm roti ini menurunkan 25% produksinya. KONTAN/Baihaki/9/4/2020

Reporter: Venny Suryanto | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pada sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ikut menjadi perhatian dari para ekonom. Pasalnya, kucuran dana pemerintah dalam program PEN tersebut sudah ditingkatkan menjadi sebesar Rp 677,20 triliun. 

Beberapa sektor yang mendapat guyuran program PEN tersebut seperti sektor kesehatan, perlindungan sosial, insentif usaha, UMKM, pembiayaan korporasi, serta Sektoral K/L dan pemerintah daerah.

Baca Juga: Insentif Bunga Bagi UMKM dinilai sebagai sarana ekstensifikasi perpajakan

Ekonom Indef, Tauhid Ahmad mengatakan, jika melihat pada situasi pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini, sektor UMKM merupakan salah satu usaha yang paling terdampak akibat pandemi tersebut. 

Apalagi, menurut Tauhid ada beberapa sektor-sektor dari UMKM yang paling terdampak atau menurun pertumbuhan ekonominya pada Triwulan 1-2020 yakni meliputi industri hanya 2%, perdagangan 1,6%, pertanian 0,02% serta makanan dan minuman 1,95%. 

“Artinya dengan pelaku usaha yang paling banyak dengan jumlah kredit yang besar maka sektor-sektor inilah yang paling besar terkena dampaknya dibandingkan sektor lain,” kata Tauhid dalam live conference, Rabu (10/6). 

Baca Juga: Ada syarat NPWP dalam subsidi bunga kredit untuk UMKM, ini alasannya

Menurut Tauhid, hal ini terjadi karena sejak berlakunya pembatasan sosial berskala besar membuat ruang gerak  UMKM di atas sangat terbatas seperti penyediaan bahan baku, pemasaran dan sebagainya. “Disamping juga ada faktor penurunan permintaan,” tutupnya. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Tag


TERBARU
Kontan Academy
Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing Sukses Berkomunikasi: Mempengaruhi Orang Lain Batch 3

[X]
×