kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.324.000 1,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Impor Legal Baju Bekas, Polri Maksimalkan Pengawasan Aktivitas Pintu Masuk


Senin, 27 Maret 2023 / 23:59 WIB
Impor Legal Baju Bekas, Polri Maksimalkan Pengawasan Aktivitas Pintu Masuk
ILUSTRASI. Kabag Penum Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Pol Ahmad Ramadhan (kiri)


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan menyampaikan, Polri bakal memprioritaskan pengawasan di pintu masuk barang dari luar negeri. Hal ini menyusul larangan aktivitas impor ilegal, terutama pakaian bekas, dari luar negeri.

"Kita lebih memprioritaskan kepada hulunya. Dalam arti, masuknya barang tersebut ke Indonesia, ya. Tentu ini yang paling penting, pencegahan masuknya," kata Ramadhan di Mabes Polri, Senin (27/3/2023).

Pengawasan tersebut, imbuh dia, akan melibatkan sejumlah instansi terkait seperti Direktorat Bea dan Cukai serta Direktorat PKTN Kementerian Perdagangan.

Baca Juga: MenKopUKM & Mendag Sepakat Berantas Impor Pakaian Bekas Ilegal Lindungi Tekstil Lokal

Menurut Ramadhan, larangan impor pakaian bekas tidak hanya sekedar untuk melindungi keberlangsungan industri di dalam negeri, tapi juga mengantisipasi masuknya berbagai macam penyakit dari luar negeri yang timbul akibat aktivitas thrifting.

"Karena selain berpotensi menyebarkan penyakit juga dapat mengganggu keberlangsungan industri sandang dalam negeri," ujarnya.

Di samping melakukan pengawasan di level hulu, Ramadhan menambahkan, pengawasan juga akan dilaksanakan di hilir. Hal itu menyusul banyaknya modus yang digunakan pelaku impor ilegal dalam melancarkan aksinya.

"Di mana barang ini masuk juga dengan modus dimasukan ke dalam karung-karung kemudian dikirim ke Indonesia," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Polri menggelar penggerebekan Pasar Senin hingga pasar di wilayah Bekasi usai adanya instruksi dari pimpinan Polri untuk menindak tegas importasi pakaian bekas ilegal.

Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipideksus) Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri Brigjen Whisnu Hermawan sebelumnya menyebut ada sejumlah ruko yang digerebek, dengan ditemukan 7.113 ball press yang disita.

Baca Juga: Impor Ilegal Produk Tekstil Marak, Pan Brothers (PBRX) Sebut Kinerja Tak Terdampak

"Saat ini telah dilakukan penindakan ball press (pakaian bekas) di beberapa tempat pada hari Senin 20 Maret 2023. Dilakukan oleh tim dari Dittipideksus Bareskrim Polri beserta pihak dari tim Bea Cukai Pusat," ujar Whisnu saat dimintai konfirmasi, Senin (20/3/2023).

Whisnu menegaskan tidak ada penangkapan dalam penggerebekan ini. Polisi hanya memeriksa pengelola, memasang garis polisi di ruko atau gudang, serta melakukan penyitaan barang bukti.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Polri Bakal Maksimalkan Pengawasan Aktivitas Impor Ilegal di Pintu Masuk"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×