kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

IMF minta The Fed segera perketat kebijakan moneter, termasuk kebijakan suku bunga


Minggu, 17 Oktober 2021 / 18:12 WIB
IMF minta The Fed segera perketat kebijakan moneter, termasuk kebijakan suku bunga
ILUSTRASI. IMF minta The Fed segera perketat kebijakan moneter, termasuk kebijakan suku bunga


Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) memperingatkan lonjakan inflasi di negara-negara maju, salah satunya Amerika Serikat (AS). 

Terkait hal itu, IMF meminta bank-bank sentral negara maju, termasuk bank sentral AS The Federal Reserve (The Fed) untuk segera memperketat kebijakan moneternya, bahkan termasuk menaikkan suku bunga acuan. 

“Bank sentral negara-negara maju seperti The Fed harus bersiap memperketat kebijakan jika inflasi di luar kendali. Kebijakan juga bisa berupa kebijakan peningkatan suku bunga,” tulis IMF dalam laporan World Economic Outlook, seperti dikutip Minggu (17/10). 

Pemerintah AS memang melaporkan inflasi di bulan September 2021 sebesar 0,4% mom dan bila dibandingkan dengan September 2020, ini melesat 5,4% dan bahkan lebih tinggi dari bulan Agustus 2021 yang sebesar 5,3% yoy.

Baca Juga: Dapat alokasi SDR, ULN bank sentral tercatat naik US$ 6,3 miliar

Salah satu yang memicu inflasi memang adanya kenaikan harga komoditas global, termasuk energi. Namun, ini tetap memberikan ketidakpastian yang tinggi. 

Kepala ekonom Bank Central Asia (BCA) David Sumual melihat, The Fed belum akan menaikkan suku bunganya dalam waktu dekat meski dengan kondisi terkini.

“Belum, masih akan akhir tahun depan. Mereka akan memulai dengan pengurangan kebijakan moneter dulu. Baru, pada akhir tahun depan akan menaikkan suku bunganya,” ujar David kepada Kontan.co.id. 

Nah, kebijakan pengurangan stimulus terkait pandemi ini memang akan dilakukan pada pertengahan November 2021 atau pertengahan Desember 2021, alias sudah dimulai di akhir tahun ini. 

David tak terlalu khawatir akan pengaruhnya terhadap ketahanan eksternal Indonesia, terutama terkait nilai tukar Rupiah. Pasalnya, Indonesia masih memiliki amunisi yang kuat dalam menjaga pergerakan mata uang Garuda. 

Baca Juga: IMF pangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia jadi 3,2% pada 2021




TERBARU

[X]
×