kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Imbas corona, KKP bakal tampung ikan nelayan pakai cold storage


Rabu, 29 April 2020 / 18:29 WIB
Imbas corona, KKP bakal tampung ikan nelayan pakai cold storage
ILUSTRASI. Pekerja memilih ikan hasil tangkapan nelayan di Pelabuhan Muara Baru, Jakarta, Jumat (15/11/2019). Kementerian KKP menargetkan ekspor perikanan mencapai 6 miliar dolar US pada tahun 2020, dimana target tersebut naik dibandingkan dengan 2019 yang hanya 5,5


Reporter: Abdul Basith | Editor: Pratama Guitarra

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memastikan cold storage yang berada di pelabuhan perikanan unit pelaksana teknis (UPT) mampu menampung ikan hasil tangkapan ikan nelayan di tengah pandemi Covid-19.

Direktur Jenderal Perikanan Tangkap (DJPT) KKP, M. Zulficar Mochtar mengatakan operasional cold storage tersebut dapat menyimpan ikan agar kualitasnya terjaga dengan baik.

"Ikan dapat disimpan sebagai stok dan menjadi cadangan saat musim sulit ikan. Di tengah pandemi seperti ini, kemungkinan ikan tidak optimal diserap pasar bisa juga terjadi, untuk itu kita antisipasi dengan menyimpannya di cold storage," ujarnya, Rabu (29/4)

Baca Juga: Cara KKP dorong ekspor perikanan di tengah pandemi corona

Menurut Zulficar, ikan tersebut juga disiapkan untuk memenuhi kebutuhan stok saat ramadhan hingga lebaran yang trennya selalu meningkat sekitar 20% dari kebutuhan normal. Dengan tercukupinya stok ikan, harga ikan diharapkan dapat tetap stabil.

"Pak Menteri telah memberikan instruksi agar ikan tangkapan nelayan dapat diserap oleh perusahaan dan BUMN. PT Perikanan Nusantara (Perinus) dan Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) kita harap dapat membantu menyerap ikan dan produk perikanan tangkapan nelayan," urainya.

Zulficar menambahkan petugas pengelola cold storage juga telah diberikan pembekalan agar tetap menjaga kualitas ikan yang disimpan sesuai dengan standar cara penanganan ikan yang baik. Selain itu, fasilitas penunjang lainnya juga disiapkan meliputi ABF, loading room, packing room, dry storage hingga permesinan dan kelistrikan yang optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×