kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Heboh happy hypoxia, masyarakat diminta tak ramai-ramai beli pulse oximeter


Kamis, 17 September 2020 / 04:14 WIB
Heboh happy hypoxia, masyarakat diminta tak ramai-ramai beli pulse oximeter
ILUSTRASI. Seorang seniman mengerjakan mural?yang didedikasikan kepada spesialis medis, polisi dan angkatan bersenjata yang terlibat dalam menanggulangi penyebaran virus corona (COVID-19), di Almaty, Kazakhstan, Selasa (5/5/2020). REUTERS/Pavel Mikheyev


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Belakangan, isu mengenai gejala happy hypoxia yang menyerang mereka yang menderita Covid-19 santer terdengar. Kendati demikian, masyarakat diminta tak berbondong-bondong melakukan pulse oxymetry atau membeli pulse oximeter (alat untuk mengukur saturasi oksigen).

Happy hypoxia merupakan salah satu kondisi yang dialami pasien Covid-19, yakni menurunnya saturasi atau kadar oksigen di dalam darah. Dokter Spesialis Paru Erlina Burhan mengatakan, salah satu diagnosis dari happy hypoxia adalah dengan melakukan pemeriksaan berupa analisis gas darah dan tekanan oksigen dalam darah. 

Salah satu cara mengeceknya adalah dengan menggunakan alat pulse oximeter. "Kalau di rumah paling simpel (periksa saturasi oksigen darah) pakai pulse oximeter dengan masukkan jari dan akan keluar saturasi berapa," kata Erlina dalam talkshow di BNPB, Rabu (16/9/2020). 

Namun, Erlina mengingatkan kepada masyarakat agar tidak memahami persoalan happy hypoxia akan dialami semua orang. Ia mengatakan, happy hypoxia hanya terjadi pada pasien Covid-19 yang bergejala. Dengan demikian, masyarakat pun tak perlu berbondong-bondong membeli alat pulse oximeter. 

Baca Juga: Ini dua cara deteksi dini Happy Hypoxia

"Jangan sampai salah, 'kalau begitu kita beli pulse oximeter', kayak dulu orang panik beli masker. Ini saya katakan, pulse oximetry bukan untuk orang sehat dan orang tanpa gejala (OTG)," kata Erlina. 

Adapun gejala yang dialami saat seorang pasien Covid-19 terkena happy hypoxia adalah gejala penyakit yang bertambah berat, batuk menetap, hingga semakin lemas.

Baca Juga: Mengenal happy hypoxia dan bahayanya jika menyerang pasien Covid-19

Oleh karena itu, sebelum hal tersebut terjadi, kata dia, maka harus segera mencari pertolongan. Ia juga memastikan bahwa happy hypoxia tidak dirasakan OTG tetapi oleh orang yang bergejala Covid-19. Itu pun, tidak semua orang kena Covid-19 mengalaminya. 




TERBARU

[X]
×