kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Hadji Kalla Group masih berminat menggarap monorel


Rabu, 13 Februari 2013 / 15:29 WIB

Hadji Kalla Group masih berminat menggarap monorel


JAKARTA. Hadji Kalla Group membantah mundur dari proyek monorel. Grup bisnis milik Jusuf Kalla ini menyatakan masih berkomitmen menggarap proyek tersebut.

"Kami belum pernah menyatakan akan mundur dan kami tetap komitmen merealisasikan proyek monorel Jakarta. Dari sisi konsep dan pendanaan juga kami sudah sangat siap", kata Sekretaris Perusahaan Hadji Kalla Group Andi Asmir dalam pernyataan persnya, Rabu (13/2). Catatan saja, Jakarta Monorail adalah pemegang konsesi proyek monorel Jakarta.

Menurut Andi, pihaknya melakukan pembicaraan cukup intens dengan Jakarta Monorail. Bahkan, dia mengaku dalam rapat terakhir pada 23 Januari 2013, Jakarta Monorail akan memberikan tanggapan atas rancangan kesepakatan kerjasama untuk pembangunan proyek monorel pada 25 Januari. "Namun hingga kini belum ada tanggapan," katanya.

Dia menegaskan Hadji Kalla tetap berkomitmen menjadi pemegang saham mayoritas Jakarta Monorail. Menurutnya, komitmen ini sesuai dengan kesepakatan awal dengan Jakarta Monorail.  "Sejak 2006, Hadji Kalla Group dan Jakarta Monorail secara bersama-sama terus mengembangkan rencana proyek monorel tersebut karena memiliki semangat yang sama untuk mengatasi solusi kemacetan di Jakarta," kata Andi.

Menurut Andi, dari sisi persiapan, Hadji Kalla sudah sangat siap mengerjakan proyek monorel Jakarta. Dia bilang, Hadji Kalla Group mempunyai PT Bumi Karsa yang berpengalaman di bidang sipil, PT Bumi Sarana Beton yang menyiapkan infrastruktur beton penyangga monorel yang belum terselesaikan di Jakarta.

Selain itu, dia bilang Hadji Kalla juga memiliki PT Bukaka TeknikUtama dan PT Kalla Elektrikal Sistem yang siap menyediakan dan membangun sistem kelistrikan monorel.

Sebelumnya, Jakarta Monorail menyatakan, sudah menjual sahamnya kepada Ortus Group milik Edward Soeryadjaya. Ortus Group akan menjadi pemegang saham mayoritas Jakarta Monorail.

Juru bicara Jakarta Monorail Bovanantoo mengatakan, masuknya Ortus Group ini akan menggantikan Hadji Kalla Group sebagai pemegang saham mayoritas. Namun, dia menambahkan Hadji Kalla Group tetap bisa menggarap proyek monorel hanya sebagai pemegang saham minoritas.



Reporter: Fahriyadi
Editor: Edy Can

Video Pilihan


Close [X]
×