kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hadi Tjahjanto Dilantik Jadi Menteri ATR, Ini Profil Mantan Panglima TNI


Rabu, 15 Juni 2022 / 14:04 WIB
Hadi Tjahjanto Dilantik Jadi Menteri ATR, Ini Profil Mantan Panglima TNI
ILUSTRASI. Hadi Tjahjanto Dilantik Jadi Menteri ATR, Ini Profil Mantan Panglima TNI


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Reshuffle kabinet resmi dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Presiden Jokowi melantik sejumlah menteri dan wakil menteri baru di Istana Merdeka, Rabu 15 Juni 2022. Salah satu yang dilantik adalah mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto.

Presiden Joko Widodo melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Hadi Tjahjanto menggantikan Sofyan Djalil sebagai Menteri ATR/BPN.

Selain Hadi Tjahjanto, Jokowi juga melantik Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Lutfi. Kemudian ada tiga orang yang ditunjuk menjadi wakil menteri (wamen) baru. Ketiganya yakni Raja Juli Antoni sebagai Wamen ATR/BPN, John Wempi Watipo sebagai Wamendagri dan Afriansyah Noor sebagai Wamenaker.

Profil Hadi Tjahjanto

Hadi Tjahjanto adalah Panglima TNI ke-20. Hadi Tjahjanto menjadi Panglima TNI dengan masa jabatan 8 Desember 2017-17 November 2021.

Mengutip Wikipedia, Hadi Tjahjanto adalah lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1986 dan Sekolah Penerbang TNI AU 1987. Sebelumnya, Hadi Tjahjanto menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Udara.

Pengangkatannya menjadi terkenal karena Hadi Tjahjanto adalah Panglima TNI kedua yang berasal dari Angkatan Udara setelah Marsekal TNI Djoko Suyanto.

Baca Juga: Isu Reshuffle Kabinet, Zulkifli Hasan Tiba Di Istana Presiden, Ini Profilnya

Hadi Tjahjanto adalah salah satu tokoh yang dekat dengan Presiden Jokowi. Hubungan Hadi Tjahjanto dengan Jokowi sudah terjalin sejak lama.

Hadi Tjahjanto lama berdinas di Lanud Adi Soemarmo, Surakarta. Pada tahun 2010, Hadi menduduki posisi sebagai Komandan Pangkalan Udara Adisumarmo. Saat itu, Jokowi masih menjadi Wali Kota Surakarta.

Di era Presiden Jokowi, Hadi Tjahjanto memiliki karier cemerlang. Pada Juli 2015, Hadi Tjahjanto ditugasi menjadi Sekretariat Militer Presiden Republik Indonesia Presiden Jokowi dan pangkatnya naik menjadi Marsekal Muda.

Pada bulan November 2016, Hadi Tjahjanto  dilantik menjadi Irjen Kementerian Pertahanan. Tiga bulan setelahnya, Hadi terpilih menjadi Kepala Staf Angkatan Udara, tepatnya pada 18 Januari 2017 menggantikan Agus Supriatna.

Puncak karier militer Hadi Tjahjanto adalah menjadi Panglima TNI yang diusulkan oleh Presiden Jokowi.

Kini, Hadi Tjahjanto bukan lagi berkarier di militer. Selamat bertugas jenderal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×