kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gaji kompetitif dan iklim kondusif


Rabu, 14 November 2012 / 15:35 WIB
Gaji kompetitif dan iklim kondusif
ILUSTRASI. Wendy?s mengadakan paket promo Puas 1-3 mulai harga Rp 22.727 sampai Rp 27.272 berupa 2 makanan + 1 minuman


Reporter: Amal Ihsan Hadian, Sofyan Nur Hidayat | Editor: Imanuel Alexander

Ancaman investor untuk merelokasi pabrik dari Indonesia tentu tidak akan mudah untuk dilakukan. Maklum, jika alasannya upah buruh tinggi, upah buruh di negara lain seperti China bahkan jauh lebih tinggi dari Indonesia. Lalu kemana investor akan berpindah?

Menurut Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Anton Supit, negara yang dianggap seksi oleh investor adalah Myanmar, Kamboja, dan Bangladesh. “Gaji buruh di sana kompetitif dan situasi negaranya kondusif,” katanya.

Jika sudah berpindah ke negara itu, Anton pun menambahkan, investor yang bergerak di industri padat karya kemungkinan tidak akan kembali lagi ke Indonesia. Padahal, untuk mengundang investor baru tidak mudah. Dia menyebut, untuk menyediakan lapangan pekerjaan bagi 10.000 orang setidaknya membutuhkan investasi sebesar US$ 100 juta.

Meski Indonesia menarik, Anton menegaskan, investor asing paling takut dengan ketidakpastian hukum. Dalam demo ini pula, terkesan penegakan hukum di Indonesia lemah. Apalagi, jika dikaitkan dengan penetapan upah minimum dan demo buruh yang mengarah kepada tindakan kriminal.

Ketua Umum Apindo, Sofjan Wanandi menambahkan, selain masalah buruh, beberapa hal menyebabkan industri di Indonesia tak kompetitif antara lain kondisi infrastruktur yang buruk, biaya logistik tinggi, bunga bank tinggi, dan korupsi. Dengan kendala seperti itu, jika kondisi perburuhannya juga tidak kondusif, investor gampang saja cabut dari Indonesia. “Pindah ke negara lain toh sama saja karena bea masuk barang ke Indonesia sudah nol persen (ASEAN dan negara yang telah meneken perjanjian FTA, Red),” tandas Sofjan.

***Sumber : KONTAN MINGGUAN 07 - XVII, 2012 Laporan Utama

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×