kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Faisal Basri: Indonesia Semakin Parah karena Power of State Ditambah Corporation


Rabu, 02 Maret 2022 / 23:32 WIB
Faisal Basri: Indonesia Semakin Parah karena Power of State Ditambah Corporation
ILUSTRASI. Faisal Batubara atau lebih dikenal sebagai Faisal Basri adalah ekonom dan politikus asal Indonesia.


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ekonom senior Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Faisal Basri berpendapat saat ini kekuatan negara dan korporasi menyatu di Indonesia dan menjelma sebagai oligarki.

Faisal mengatakan, kekuatan ini bekerja sama memperjuangkan kepentingan sempit dan sesaat mereka daripada menyejahterakan rakyat.

Pernyataan ini disampaikan Faisal terkait usul penundaan Pemilu 2024 yang disuarakan sejumlah elite partai politik.

"Di Indonesia semakin parah karena power of state ditambah corporation. Mereka sudah menyatu sekarang dan menjelma sebagai oligarki. Bahaya sekali, mereka akan bahu membahu memperjuangkan kepentingan-kepentingan sempit sesaat mereka ketimbang menyejahterakan rakyat," kata Faisal dalam diskusi daring Paramadina Democracy Forum, Rabu (2/3/2022).

Baca Juga: Menggugat Penundaan Pemilu

Menurut dia, hal ini bisa membawa Indonesia menyimpang dari demokrasi. Padahal, demokrasi yang telah menyelamatkan Indonesia.

Faisal pun meminta publik jangan percaya jika ada yang menyatakan demokrasi tidak bisa berjalan karena ongkos politik yang mahal.

Selain itu, lanjut Faisal, publik juga jangan percaya jika ada alasan ekonomi diperkuat terlebih dahulu sehingga demokrasi berjalan.

"Tidak ada. Pengalaman menunjukkan bahwa di seluruh dunia bahwa demokrasi yang lebih mampu meningkatkan kesejahteraan, demokrasi yang bisa memacu investasi, dan demokrasi yang mencerdaskan," tuturnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Ada Usul Penundaan Pemilu, Faisal Basri Sebut Negara dan Korporasi Bersatu untuk Kepentingan Sesaat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×