kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45911,12   -12,37   -1.34%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ekspor nonmigas ke Taiwan sentuh rekor tertinggi sejak 2016


Jumat, 21 September 2018 / 09:00 WIB
Ekspor nonmigas ke Taiwan sentuh rekor tertinggi sejak 2016


Sumber: TribunNews.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perdagangan menyatakan kinerja ekspor nonmigas Indonesia ke Taiwan pada semester pertama 2018 merupakan yang tertinggi sejak 2016.

Berdasarkan data Kementerian Keuangan Taiwan, nilai ekspor nonmigas Indonesia pada periode tersebut mencapai US$ 1,84 miliar.

“Nilai ini meningkat 10,01 % dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang tercatat sebesar US$ 1,60 miliar. Nilai ini bahkan melebihi capaian semester II tahun 2017 sebesar US$ 1,77 miliar,” kata Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei, Didi Sumedi, beberapa waktu lalu.

Menurut Didi, kinerja ekspor non-migas Indonesia ke Taiwan jauh lebih baik dibanding tahun- tahun sebelumnya

"Pada paruh kedua tahun 2018, kinerja ekspor nonmigas Indonesia ke Taiwan diperkirakan akan lebih baik lagi karena ada beberapa festival dan perayaan di Taiwan yang bisa menggenjot permintaan domestik Taiwan,” ungkapnya.

Ekspor nonmigas Indonesia ke Taiwan utamanya adalah batu bara, baja, kapasitor elektrik, dan timah. Untuk timah, Indonesia mendominasi 65 % pangsa impor Taiwan. Selain itu, ada juga kayu dan produk kertas tisu dan lainnya yang juga mendominasi pangsa pasar Taiwan sebesar 89 % dan 79 %.

Upaya meningkatkan ekspor ke Taiwan juga terus dilakukan melalui berbagai kegiatan dan forum bisnis.

Menyambut pelaksanaan Trade Expo Indonesia (TEI) ke-33 di BSD City pada bulan Oktober mendatang, KDEI Taipei juga gencar menginformasikan ajang tersebut kepada para pelaku usaha Taiwan dalam berbagai kesempatan.

"Trade Expo Indonesia dinilai sebagai platform yang tepat bagi pengusaha Taiwan untuk mencari produk yang diminati masyarakat di Taiwan,” imbuhnya,

Tak hanya itu, KDEI Taipei juga menangkap peluang-peluang investasi dan kerja sama industri yang bisa meningkatkan kapasitas industri dalam negeri.

“Tahun 2017, investasi Taiwan di Indonesia tumbuh 166,3 % dibanding tahun sebelumnya,” katanya.

Kenaikan investasi dari perusahaan Taiwan di Indonesia dan kerja sama industri ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas ekonomi nasional dan bisa berkontribusi dalam peningkatan ekspor nonmigas Indonesia ke pasar global.

Terutama investasi di sektor hilir yang dalam jangka panjang dapat mendorong diversifikasi produk ekspor nasional. (Syahrizal Sidik)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Ekspor Nonmigas ke Taiwan Catat Nilai Tertinggi Sejak 2016

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×