kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45797,85   3,90   0.49%
  • EMAS949.000 0,74%
  • RD.SAHAM 0.00%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Ekonom menilai BI masih ada peluang untuk turunkan lagi suku bunga acuan


Selasa, 22 Oktober 2019 / 19:10 WIB
Ekonom menilai BI masih ada peluang untuk turunkan lagi suku bunga acuan
Ekonom menilai BI masih ada peluang untuk turunkan lagi suku bunga acuan

Reporter: Bidara Pink | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - YOGYAKARTA. Ekonom menilai masih ada peluang yang terbuka lebar bagi Bank Indonesia (BI) untuk menurunkan suku bunga acuan pada Oktober 2019 ini.

Menurut Strategist Maybank Kim Eng Sekuritas Luthfi Ridho. Kepada Kontan.co.id, Selasa (22/10), Luthfi melihat BI masih bisa menurunkan suku bunga acuan sebesar 25 basis poin (bps) ke level 5,00%.

Luthfi memandang ada tiga hal yang bisa menjadi alasan peluang penurunan suku bunga ini. Pertama, adalah dengan melihat adanya tingkat inflasi yang masih dalam terkendali dan cenderung turun.

Baca Juga: Bunga kredit bank belum turun, bunga pembiayaan multifinance masih stabil

Kedua, paritas suku bunga dengan negara lain yang membuat BI masih memiliki ruang untuk memberi dukungan. Luthfi pun memberi contoh negara India yang sudah melakukan dukungan dengan menurunkan suku bunga acuan hingga 135 bps.

Ketiga, adalah dengan adanya pertimbangan pertumbuhan ekonomi yang melambat dan memang memerlukan tambahan stimulus moneter dan juga stimulus fiskal.

Saat ini pemerintah memang telah memberikan stimulus dari sisi fiskal dan juga didukung oleh BI dengan beberapa stimulus moneternya. Luthfi mengapresiasi hal tersebut dan memandang stimulus-stimulus sudah efektif untuk mencegah perlambatan yang dalam.

Baca Juga: Perang dagang dan penantian RDG BI menyokong rupiah

"Hanya saja, stimulus yang ada saat ini masih belum cukup untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi. Oleh karena itu memang masih perlu terus adanya stimulus," kata Luthfi.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×