kontan.co.id
banner langganan top
Senin, 11 Agustus 2025 | : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.945.000   -6.000   -0,31%
  • USD/IDR 16.290   6,00   0,04%
  • IDX 7.606   72,54   0,96%
  • KOMPAS100 1.082   12,15   1,14%
  • LQ45 800   6,71   0,85%
  • ISSI 254   -0,52   -0,20%
  • IDX30 413   4,37   1,07%
  • IDXHIDIV20 473   6,15   1,32%
  • IDX80 121   0,84   0,71%
  • IDXV30 126   2,02   1,63%
  • IDXQ30 132   1,65   1,26%
  • EMAS 1.945.000   -6.000   -0,31%
  • USD/IDR 16.290   6,00   0,04%
  • IDX 7.606   72,54   0,96%
  • KOMPAS100 1.082   12,15   1,14%
  • LQ45 800   6,71   0,85%
  • ISSI 254   -0,52   -0,20%
  • IDX30 413   4,37   1,07%
  • IDXHIDIV20 473   6,15   1,32%
  • IDX80 121   0,84   0,71%
  • IDXV30 126   2,02   1,63%
  • IDXQ30 132   1,65   1,26%
  • EMAS 1.945.000   -6.000   -0,31%
  • USD/IDR 16.290   6,00   0,04%
  • IDX 7.606   72,54   0,96%
  • KOMPAS100 1.082   12,15   1,14%
  • LQ45 800   6,71   0,85%
  • ISSI 254   -0,52   -0,20%
  • IDX30 413   4,37   1,07%
  • IDXHIDIV20 473   6,15   1,32%
  • IDX80 121   0,84   0,71%
  • IDXV30 126   2,02   1,63%
  • IDXQ30 132   1,65   1,26%

Ekonom DBS: Faktor Musiman Pengaruhi Kenaikan Konsumsi


Selasa, 28 Maret 2023 / 18:01 WIB
Ekonom DBS: Faktor Musiman Pengaruhi Kenaikan Konsumsi
ILUSTRASI. Konsumsi Indonesia diprediksi akan meningkat pada momen Ramadan dan Lebaran. KONTAN/Baihaki/


Reporter: Ferry Saputra | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Konsumsi Indonesia akan meningkat pada momen Ramadan dan Lebaran. Senior Economist DBS Bank Radhika Rao mengatakan peningkatan tersebut dipicu faktor musiman atau fenomenanya sama seperti tahun sebelumnya. 

Namun, Radhika menyatakan pertumbuhan konsumsi diyakini akan melambat seusai Lebaran. Hal itu kembali lagi karena faktor musiman sehingga berpotensi akan terjadi secara berulang-ulang.

Terkait kepercayaan konsumen, Radhika menilai angkanya akan membaik pada tahun ini dibandingkan masa awal pandemi Covid-19.

Baca Juga: Momen Lebaran Diharapkan Jadi Penopang Pertumbuhan Ekonomi Tahun 2023

"Tahun lalu terjadi peningkatan tajam sentimen konsumen akibat pandemi," ucap dia dalam Group Discussion Bank DBS, Selasa (28/3).

Radhika menerangkan tahun lalu orang-orang lebih memprioritaskan untuk banyak menabung dan menuntaskan hal yang belum diselesaikan pada 2020-2021.

Namun, kondisi berbeda akan terjadi pada 2023. Menurutnya sentimen akan menjadi stabil. 
Selain itu, upah minimum juga telah dinaikkan secara nasional sekitar 7% akan membuat indeks  kepercayaan konsumen lebih stabil pada tahun mendatang. 

Sementara itu, Radhika menilai pertumbuhan ekonomi Indonesia akan meningkat pada kuartal II 2023. Hal itu disebabkan banyaknya masyarakat yang mulai berbelanja sebelum dan saat momen Ramadan. 
Selain itu, banyaknya perjalanan mudik juga akan mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Ditambah pengeluaran untuk Hari Raya juga lebih tinggi. Jadi, ada kekuatan musiman dalam angka pertumbuhan juga," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mitigasi Risiko SP2DK dan Pemeriksaan Pajak Executive Macro Mastery

[X]
×