kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,46   -4,42   -0.49%
  • EMAS953.000 -0,83%
  • RD.SAHAM 0.54%
  • RD.CAMPURAN 0.27%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%

Ekonom Bank Permata prediksi neraca dagang November 2019 surplus, ini pertimbangannya


Minggu, 15 Desember 2019 / 15:02 WIB
Ekonom Bank Permata prediksi neraca dagang November 2019 surplus, ini pertimbangannya
ILUSTRASI. Suasana aktivitas bongkar muat peti kemas dengan latar depan Gedung PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau Pelindo II di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (24/11/2019). Pelindo II mencatat kinerja positif hingga kuartal III 2019 dengan memb

Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Menjelang pengumuman neraca perdagangan Indonesia November 2019 oleh Badan Pusat Statistik (BPS), Ekonom Bank Permata Josua Pardede memprediksi neraca perdagangan pada bulan tersebut akan mengalami surplus.

"Neraca perdagangan akan surplus US$ 309 juta," jelas Josua pada Kontan.co.id, Minggu (15/12).

Kondisi surplus neraca perdagangan pada November 2019 tersebut disebabkan oleh laju ekspor bulanan yang cenderung lebih tinggi dibandingkan laju impor bulanan.

Baca Juga: BI optimistis potensi aliran modal asing masuk Indonesia kian besar, ini penyebabnya

Josua memprediksi ekspor juga cenderung meningkat dibandingkan bulan Oktober 2019, dipengaruhi oleh peningkatan harga komoditas ekspor dan volume ekspor.

Bila dibandingkan dengan November tahun lalu pun, laju ekspor diperkirakan akan sebesar 1,58% yoy. Ini didorong oleh kenaikan harga komoditas pada bulan November tahun ini seperti crude palm oil (CPO) yang meningkat 18% mom, batubara yang naik 0,4% mom, dan karet alam yang naik 6% mom.

Baca Juga: Ekspor Manufaktur Loyo di Pasar Global, Lemah di Pasar Lokal

Sedangkan harga komoditas volume ekspor juga diperkirakan meningkat seiring dengan meningkatnya aktivitas manufaktur dari sleuruh mitra dagang Indonesia seperti Euro Zone, Amerika Serikat (AS), China, Jepang, India, dan negra-negara di ASEAN.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×