kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45863,16   -14,36   -1.64%
  • EMAS920.000 -0,86%
  • RD.SAHAM -1.01%
  • RD.CAMPURAN -0.38%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Dukung UMKM Solo, Shopee Hadirkan Kampanye Festival Solo Raya


Minggu, 09 Mei 2021 / 19:28 WIB
Dukung UMKM Solo, Shopee Hadirkan Kampanye Festival Solo Raya
ILUSTRASI. Kontan - Shopee Kilas Online

Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID – JAKARTA.  Selama pandemi Covid-19 ini, belanja online menjelang Idul Fitri menjadi salah satu solusi aman yang dilakukan masyarakat. Seraya menikmati momen Lebaran di rumah, Shopee bekerjasama dengan Pemerintah Kota Surakarta untuk menghadirkan kampanye Festival Solo Raya: Pilihan Produk Unggulan dari k ota Solo untuk menjual produk-produk lokal dari penjual UMKM Kota Solo di kanal #ShopeePilihLokal pada 9 - 12 Mei 2021.

Kampanye ini merupakan lanjutan kolaborasi strategis antara Shopee dengan pemerintah kota Solo, setelah sebelumnya menandatangani kesepakatan bersama di April 2021 untuk memajukan dan menaikkelaskan UMKM Solo serta mempersiapkan UMKM Solo Go Ekspor. Hingga saat ini, tercatat ada sekitar 40.000 UMKM di Solo yang terdaftar di Shopee, dan 5.000 di antaranya memiliki toko ekspor aktif.

Besarnya potensi dari para pelaku UMKM di Solo ini juga berarti terdapat ruang tumbuh bagi pedagang lokal yang memproduksi sendiri usahanya untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas produksi sebagai faktor utama pengembangan ekspansi bisnis para pelaku bisnis mikro ini hingga menuju ekspor.

Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia mengatakan meski masyarakat belum dapat merayakan Ramadan bersama dengan keluarga serta menikmati momen ini dengan berlibur,

masyarakat tetap dapat membeli dan mengirimkan produk-produk dari kampung halaman, seperti produk khas kota Solo.

“Dengan adanya program ini diharapkan dapat membantu mengobati kerinduan akan kampung halaman, serta membantu untuk menggerakkan roda perekonomian di Indonesia dengan membeli produk-produk lokal dari para penjual UMKM. Ini juga merupakan wujud nyata komitmen Shopee dalam mendukung perkembangan dan mendukung keberlangsungan dan peningkatan bisnis UMKM Solo,” kata Handhika dalam keterangan resminya.

Shopee turut menghadirkan promo menarik bagi pengguna dalam membeli berbagai produk UMKM lokal di Solo. Promo diskon s/d 80%, voucher 50% dan gratis ongkir dapat digunakan untuk membeli produk-produk fashion, makanan & minuman serta poduk kecantikan yang dibuat langsung oleh UMKM di Solo. Dengan hadirnya berbagai promo dan produk menarik, program ini dapat dimanfaatkan oleh pengguna Shopee untuk membeli berbagai kebutuhan mulai dari pakaian buatan Solo dan produk makanan untuk menyambut Hari Raya Lebaran.

Selain itu, program ini juga dapat dimanfaatkan untuk berbelanja hadiah yang bisa dikirimkan ke sanak saudara dan teman-teman meski belum dapat bersilaturahmi dan harus merayakan Idul Fitri dari rumah.

“Dalam masa pandemi ini, Shopee ingin membantu UMKM lokal untuk bisa terus memperkenalkan produknya kepada masyarakat di Indonesia. Sebagai salah satu penggerak roda perekonomian Indonesia dan dengan belanja secara online yang sekarang menjadi lebih mudah, para penjual UMKM lokal dapat terus berkembang dengan produk lokal yang bisa terus dinikmati oleh masyarakat Indonesia dimanapun mereka berada,” jelas Handhika.

Hingga saat ini, tercatat ada sekitar 40.000 UMKM di Solo yang terdaftar di Shopee, dan 5.000 di antaranya memiliki toko ekspor aktif. Melalui kerja sama dengan Pemerintah Kota Solo, Shopee menargetkan total 10.000 eksportir baru dari para pelaku UMKM Solo pada akhir tahun ini, sekaligus menjadikan kota Solo sebagai cetak biru (blueprint) atau kota percontohan pendidikan ekspor UMKM pertama.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Panduan Cepat Maximizing Leadership Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale

[X]
×