kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,74   -6,61   -0.71%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dukung kemajuan di era digital, ini program sosial yang menjadi fokus BI


Rabu, 30 September 2020 / 13:37 WIB
Dukung kemajuan di era digital, ini program sosial yang menjadi fokus BI
ILUSTRASI. Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Doni P. Joewono


Reporter: Bidara Pink | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Terus hadir dalam mendukung kemajuan bangsa di era digital, Bank Indonesia (BI) mengaku akan terus mendorong program sosial yang diarahkan pada tiga fokus utama. 

“Tiga fokus utama berkaitan dengan pengembangan ekonomi UMKM, origram pengembangan kapasitas sumbar daya manusia (SDM), juga tanggung jawab BI kepada masyarakat,” jelas  Deputi Gubernur BI Doni P. Joewono, Rabu (30/9) via video conference. 

Doni pun memerinci. Pengembangan UMKM di era digital ini diharapkan mampu turut meningkatkan perekonomian masyarakat. Hal yang getol dilakukan oleh bank sentral adalah memberikan pengetahuan tentang digitalisasi.  Setelah itu, BI juga gencar dalam mengajak UMKM untuk masuk ke dunia digital sebagai sarana marketing produk mereka. 

Baca Juga: Cetak SDM unggul dan berdaya saing, BI salurkan beasiswa kepada 2.200 mahasiswa

Kedua, pengembangan SDM diberikan oleh BI dengan memberikan program beasiswa termasuk dengan pelatihan guna meningkatkan SDM khususnya dalam era digital. 

Apalagi, di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang tengah membelenggu masyarakat, banyak kegiatan yang harus terhenti. Salah satunya adalah kegiatan belajar mengajar dengan tatap muka yang diganti dengan kegiatan belajar mengajar secara daring. 

Pemberian beasiswa oleh BI sendiri sudah dilakukan sejak tahun 2011. Hingga kini, sudah lebih dari 25 ribu mahasiswa dari 175 perguruan tinggi yang telah mendapatkan beasiswa dari bank sentral. 

Baca Juga: BI: Sektor pendidikan juga terdampak pandemi Covid-19

Ketiga, program sosial dari BI untuk masyarakat di sekitar. Hal ini juga terlihat dari dengan adanya pandemi Covid-19 ini, semua pegawai bank sentral terus bahu membahu dalam memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. “Sebagai informasi, di saat pandemi ini seluruh pegawai BI bahu-membahu untuk memberikan bantuan secara pribadi kepada masyarakat sekitar,” tandasnya. 

Selanjutnya: BI: Likuiditas perekonomian (M2) meningkat pada Agustus 2020

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×