kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45982,12   -8,25   -0.83%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Mencegah Omicron yang Membuat Kasus Covid-19 Terus Meningkat


Senin, 20 Juni 2022 / 06:17 WIB
Cara Mencegah Omicron yang Membuat Kasus Covid-19 Terus Meningkat
ILUSTRASI. Cara Mencegah Omicron yang Membuat Kasus Covid-19 Terus Meningkat


Sumber: covid19.go.id | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Virus corona subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 kembali menyebabkan lonjakan kasus positif Covid-19 di Indonesia pada Juni 2022. Simak cara mencegah penularan Omicron BA.4 dan BA.5 menurut Satgas Covid-19 berikut ini.

Melansir data Satgas Covid-19, hingga Minggu (19/6) ada tambahan 1.167 kasus baru corona. Dengan demikian total menjadi 6.068.075 kasus positif Covid-19 sejak pandemi corona terjadi di Indonesia mulai Maret 2020..

Sementara itu, jumlah yang sembuh dari kasus Covid-19 bertambah 632 orang sehingga menjadi sebanyak 5.902.794 orang.

Sedangkan jumlah orang yang meninggal akibat Covid-19 di Indonesia bertambah 3 orang menjadi sebanyak 156.684 orang.

Dimulai hari Senin 13 Juni 2022, penambahan kasus Covid-19 di Indonesia sebanyak 591 kasus baru. Lalu pada Selasa 14 Juni 2022, ada tambahan 930 kasus baru positif Covid-19 di Indonesia.

Kemudian pada Rabu (15/6) ada tambahan 1.242 kasus baru Covid-19. Sedangkan pada Kamis (16/6) ada tambahan 1.173 kasus baru Covid-19. Sejak saat itu, kasus baru Covid-19 setiap hari selalu di atas 1.000 orang.

Vaksin Covid-19 dan booster masih efektif mencegah penularan virus corona varian Omicron BA.4 dan BA.5. Masyarakat yang belum mendapatkan vaksin Covid-19 dosis ketiga sebaiknya segera mendatangi lokasi layanan vaksin booster agar tidak terinfeksi virus corona.

Selain itu, Satgas Covid-19 meminta masyarakat memperketat kembali penerapan protokol kesehatan dalam beraktivitas sehari-hari. Secara nyata, penerapan protokol kesehatan yang disempurnakan dengan upaya 3T dan vaksinasi yang masif, secara efektif dapat melandaikan kasus bahkan memutus rantai penularan virus ketika lonjakan kasus.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito mengatakan, untuk mencegah Covid-19 akibat Omicron BA.4 dan BA.5 tersebut perlu menambahkan perlindungan dengan menjalankan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Karena PHBS secara keseluruhan telah terbukti efektif juga mencegah penyebaran penyakit menular lainnya.

"Mengingat dinamika varian yang cukup sulit untuk dikendalikan kemunculannya, maka kita dapat menangkalnya dengan proteksi yang lebih baik, tidak hanya 3M saja yang sudah kita biasakan selama 2 tahun terakhir," jelas Wiku dikutip dari situs Covid19.go.id.

Untuk itu, agar masyarakat lebih memahaminya, ada 12 perilaku dasar untuk hidup bersih dan sehat untuk mencegah Covid-19 akibat Omicron BA.4 dan BA.5. Perilaku ini sudah seharusnya tidak akan ditinggalkan walau nantinya pandemi Covid-19 telah usai.

Baca Juga: Omicron Bikin Covid-19 Melonjak Pada Juni 2022, Ini Instruksi Jokowi

1. Mencuci tangan saat:

Perilaku dasar untuk hidup bersih dan sehat untuk mencegah Covid-19 akibat Omicron BA.4 dan BA.5 yang pertama adalah mencuci tangan. Berikut panduan mencuci tangan yang tepat untuk mencegah Covid-19:

  • Sebelum dan setelah menyiapkan dan hendak makan,
  • Setelah bersin atau batuk,
  • Setelah menyentuh permukaan benda yang telah disentuh orang lain sebelumnya,
  • Sebelum dan setelah merawat orang yang sakit (termasuk menyentuh luka),
  • Setelah menggunakan toilet,
  • Setelah memegang atau memberi makan hewan,
  • Setelah menyentuh sampah,
  • Ingat, mencuci tangan yang tepat setidaknya selama 20 detik dengan sabun dan air mengalir, mencakup mengusap dan menggosok seluruh bagian tangan.

2. Mengenakan masker:

Perilaku dasar untuk hidup bersih dan sehat untuk mencegah Covid-19 akibat Omicron BA.4 dan BA.5 yang kedua adalah mengenakan masker. Masker harus digunakan ketika:

  • Saat merasa tidak enak Badan atau sakit,
  • Saat berada di antara kerumunan,
  • Saat berada di ruangan tertutup/sirkulasi udara minim.

3. Tidak menyentuh wajah saat tangan tidak bersih.

Perilaku dasar untuk hidup bersih dan sehat untuk mencegah Covid-19 akibat Omicron BA.4 dan BA.5 yang ketiga adalah tidak menyentuh wajah dengan tangan yang kotor.

Studi dari CDC menemukan bahwa setidaknya seseorang menyentuh wajahnya sebanyak 23 kali per jam. Dan 44 persen diantaranya menyentuh bagian mata, hidung, dan mulut. Padahal nyatanya bakteri, virus, maupun mikroorganisme yang ada di tangan dapat dengan mudah masuk melalui saluran terbuka.

4. Tidak keluar rumah saat merasa sakit.

Perilaku dasar untuk hidup bersih dan sehat untuk mencegah Covid-19 akibat Omicron BA.4 dan BA.5 yang keempat adalah tetap berada di dalam rumah ketika sakit. Baiknya mengisolasi sampai merasa atau benar-benar sembuh.

5. Meminimalisir berkontak fisik dengan orang lain

Perilaku dasar untuk hidup bersih dan sehat untuk mencegah Covid-19 akibat Omicron BA.4 dan BA.5 yang kelima adalah meminimalkan kontak fisik dengan orang lain. Misalnya, tidak berjabat tangan. Bisa mengganti salam dengan menaruh tangan di dada, atau salam namaste.

6. Desinfeksi permukaan benda secara rutin.

Perilaku dasar untuk hidup bersih dan sehat untuk mencegah Covid-19 akibat Omicron BA.4 dan BA.5 yang keenam adalah melakukan desinfeksi permukaan benda secara rutin. Benda yang perlu didesinfektan antara lain hp, pegangan pintu, stir mobil atau stang motor dll.

7. Menghindari masuk atau berkunjung ke tempat yang ramai atau tempat kerumunan

Perilaku dasar untuk hidup bersih dan sehat untuk mencegah Covid-19 akibat Omicron BA.4 dan BA.5 yang ketujuh adalah mengindari masuk ke lokasi yang ramai.

Jika memang harus, maka kencangkan proteksi diri yang lain yaitu pastikan sudah divaksinasi booster dan memakai masker dengan sempurna.

8. Mengkonsumsi makanan yang sehat

Perilaku dasar untuk hidup bersih dan sehat untuk mencegah Covid-19 akibat Omicron BA.4 dan BA.5 yang kedelapan adalah konsumsi makanan sehat. Makanan sehat adalah:
Makanan yang mengandung nutrisi lengkap baik karbohidrat, protein, lemak, vitamin maupun mineral,

  • Perbanyak konsumsi buah dan sayur,
  • Hindari konsumsi gula, garam, dan lemak berlebihan
  • Memperbanyak makanan yang diolah sendiri untuk bisa menjamin kebersihannya.

9. Minum air yang cukup

Perilaku dasar untuk hidup bersih dan sehat untuk mencegah Covid-19 akibat Omicron BA.4 dan BA.5 yang kesembilan adalah minum air yang cukup. Minum 8 gelas atau setara 2 liter per hari.

10. Aktif secara fisik.

Perilaku dasar untuk hidup bersih dan sehat untuk mencegah Covid-19 akibat Omicron BA.4 dan BA.5 yang ke-10 adalah bergerak aktif. Usahakan untuk berolahraga setidaknya 30 menit perhari atau 3-5 kali seminggu.

11. Tidur cukup

Perilaku dasar untuk hidup bersih dan sehat untuk mencegah Covid-19 akibat Omicron BA.4 dan BA.5 yang ke-11 adalah istirahat yang cukup. Ketahui kapasitas tubuh dengan menyesuaikan waktu tidur yang diperlukan. Idealnya durasi rata-rata untuk tidur ialah 7-10 jam.

12. Menjaga kondisi mental yang baik.

Perilaku dasar untuk hidup bersih dan sehat untuk mencegah Covid-19 akibat Omicron BA.4 dan BA.5 yang ke-12 adalah menjaga kondisi mental yang baik. Senantiasa bahagia dan tidak dalam keadaan panik berlebihan agar imunitas tubuh kita tetap terjaga.

Itulah berbagai cara perilaku dasar hidup bersih dan sehat untuk mencegah Covid-19 akibat Omicron BA.4 dan BA.5. Semoga kasus Covid-19 tak lagi melonjak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×