kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,70   -0,14   -0.02%
  • EMAS1.327.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Besok, Anies-Cak Imin akan Sowan ke Kantor DPP PKS di Pasar Minggu


Senin, 11 September 2023 / 23:08 WIB
Besok, Anies-Cak Imin akan Sowan ke Kantor DPP PKS di Pasar Minggu
ILUSTRASI. Bakal calon presiden Anies Baswedan dan bakal calon wakil presiden Muhaimin Iskandar menyapa


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bakal calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dijadwalkan sowan ke Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS di Jalan TB Simatupang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (12/9/2023) besok.

Anies mengatakan, mereka berdua akan datang bersama bersilaturahmi dan membawa rombongan dari kader elit Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"Rencananya besok InsyaAllah besok akan silaturahimi bersama-sama ke DPP PKS bersama tim PKB," kata Anies saat konferensi pers di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Senin (11/9/2023).

Baca Juga: Pendaftaran Capres-Cawapres Pemilu 2024 Diusulkan Dipercepat, Cek Profil Kandidatnya

"Jadi Gus Muhaimin bersama jajaran besok siang akan ke PKS dan kemudian bersilaturahmi di sana," sambung dia.

Namun, Anies tidak menjelaskan secara rinci kedatangannya ke PKS apakah hanya sekadar bersilaturahmi atau membahas hal lain.

"Pokoknya besok kita ketemu begitu ya nanti kita lihat besok InsyaAllah semuanya sama-sama, nanti jadwal diumumkan," tutur Anies.

Adapun kunjungan ke PKS ini juga pernah diungkapkan Cak Imin saat safari politik di Jombang, Jawa Timur, Minggu (10/9/2023).

Dia menyebut terus berupaya mendekati PKS yang merupakan partai koalisi yang hingga saat ini belum menyatakan dukungannya terhadap Cak Imin sebagai cawapres Anies.

"Terus, jalan terus. Saya berupaya terus mendekati. Insya Allah, dalam waktu dekat akan berkunjung ke PKS," katanya.

Baca Juga: Mega-SBY Bisa Bertemu Setelah Demokrat Dukung Ganjar Pranowo

Sebagaimana diketahui, PKS tidak hadir dalam dua agenda penting KPP, yakni pendeklarasian Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar sebagai bakal calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) pada 2 September 2023. Kemudian, saat rapar konsolidasi pemenangan di Nasdem Tower pada 6 September 2023.  

Namun, sebelumnya PKS menyatakan mereka tetap mendukung Anies Baswedan sebagai bakal capres.

Hanya saja, untuk mendukung Cak Imin sebagai bakal cawapres, PKS mengaku belum menentukan sikap. Mereka masih harus melalui proses di internal terkait penentuan bakal cawapres, yakni lewat Majelis Syuro.

Bakal capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan sendiri meyakini bahwa PKS akan tetap mendukungnya.

Hal itu disampaikan menanggapi absennya PKS pada konsolidasi Partai Nasdem dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Nasdem Tower, Gondangdia, Menteng, Jakarta pada 6 September 2023.

“Insya Allah kita akan terus berjalan bersama-sama dan perjalanan kami dengan PKS ini sudah panjang sejak di Jakarta,” ujar Anies di Sekretariat Perubahan (Sekper), Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (7/9/2023).

Baca Juga: Yenny Wahid: Prabowo Subianto Ada di Top List Capres 2024

Anies mengatakan, ketidakhadiran PKS tidak lantas menunjukkan adanya perpecahan di KPP. Ia mengungkapkan penundaan dukungan PKS hanya persoalan teknis.

Sebab, PKS harus menjalankan lebih dulu rapat majelis syuro untuk menentukan dukungan pada Anies dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar sebagai bakal cawapres.

“Secara resmi itu harus mengikuti prosedur yang ada di internal organisasinya. Jadi AD/ART mengharuskan ada sidang majelis syuro dan itu harus ditaati. Jadi ini adalah satu proses yang biasa,” kata Anies.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Anies-Cak Imin Akan Sowan ke DPP PKS Besok"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×