kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bappenas Kembali Gelar IDF 2022, Fokus Pada Pembangunan Industri


Senin, 21 November 2022 / 10:36 WIB
Bappenas Kembali Gelar IDF 2022, Fokus Pada Pembangunan Industri
ILUSTRASI. Logo Kementerian PPN/Bappenas


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - BADUNG. Indonesia Development Forum (IDF) 2022 kembali digelar, dengan mengangkat tema The 2024 Development Agenda: New Industrialization Paradigm for

Indonesia’s Economic Transformation yang berfokus pada pembangunan industri. Forum ini berlangsung pada 20 hingga 21 November 2022 di Badung, Bali.

Forum yang digelar oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) ini akanmembahas strategi industrialisasi untuk kebijakan pembangunan industri sehingga mampu mendorong transformasi sosial dan ekonomi untuk mewujudkan visi Indonesia menjadi negara maju, adil, dan sejahtera.

Baca Juga: DPR Meminta Kementan Bertemu Bappenas dan DJA untuk Membahas Anggaran Bapanas

Sekertaris Kementerian PPN/Sekertaris Utama Bappenas Taufik Hanafi mengatakan, IDF mendorong gagasan baru strategi industrialisasi terutama untuk menciptakan nilai tambah produksi, peningkatan kualitas SDM, dan merespons dinamika perkembangan global dan digitalisasi.

Menurutnya, fokus IDF adalah pada penyelesaian tantangan timpangan pendapatan sehingga dapat tranmisi pada pertym bhhan yang brkualitas.

“Tema ini diambil karena Bappenas sedang menyusun agenda transformasi ekonomi indonesia dan tentu agenda ini jadi penting dalam proses penysunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) mendatang yang mengedepankan pentingnya transisi negara maju,” tutur Taufik dalam sambutannya pada Acra Puncak IDF 2022, Senin (21/11).

Untuk diketahui, IDF 2022 berfokus pada pembangunan industri di Indonesia yang diharapkan dapat menginspirasi pembicara dan peserta IDF untuk memikirkan gagasan-gagasan baru tentang peningkatan kapasitas industri di Indonesia di masa depan dalam menciptakan nilai tambah dari sumber daya yang dimiliki (SDA dan SDM).

Selain itu juga untuk merespons perkembangan pasar yang dinamis dan siklus perkembangan teknologi yang berlangsung makin cepat. Hasilnya diharapkan dapat melengkapi, memperkuat, dan meningkatkan efektivitas kebijakan pembangunan industri yang ada.

Baca Juga: Kementerian Investasi Luncurkan panduan Investasi Lestari

“Sehingga natinya mampu mendorong transformasi sosial dan ekonomi di Indonesia dalam mewujudkan visi menjadi negara maju, adil, dan sejahtera,” imbuh Taufik.

Acara Puncak IDF 2022 yang dilaksanakan selama dua hari ini akan memberi ruang bagi pemangku kepentingan pembangunan untuk saling berinteraksi dan berkolaborasi serta menyampaikan ide-ide pembangunannya kepada Pemerintah.

Ide tersebut sebagai tahap inisiasi dengan keluaran berupa dokumen usulan kebijakan pembangunan yang dapat menjadi masukan dalam strategi industrialisasi untuk mendukung penyusunan dokumen perencanaan jangka pendek, menengah, dan panjang nasional.

Hasil dari penyelenggaraan keseluruhan rangkaian acara juga akan dikomunikasikan dengan pemangku kepentingan terkait sebagai pewujudan nyata kolaborasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×