kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

August Parengkuan, mantan wartawan Kompas meninggal dunia


Kamis, 17 Oktober 2019 / 11:06 WIB

August Parengkuan, mantan wartawan Kompas meninggal dunia
August Parengkuan

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Mantan Duta Besar Indonesia untuk Italia yang juga wartawan senior Harian Kompas, August Parengkuan meninggal dunia pada usia 76 tahun, Kamis (17/10/2019) pukul 5.50 WIB. Rencananya, jenazah akan disemayamkan di Rumah Duka RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

Belum diketahui secara pasti mengenai penyebab meninggalnya August Parengkuan. Pemimpin Redaksi Harian Kompas Budiman Tanuredjo mengatakan, pada hari Selasa (15/10/2019), August diketahui masih bertandang ke Penerbit Buku Kompas.

Baca Juga: Jokowi beri bocoran kabinet periode dua, profesional lebih besar daripada parpol

"Dan masih sempat ngobrol dengan semua teman," kata Budiman, saat dihubungi Kompas.com, Kamis pagi.

Budiman mengatakan, August merupakan pilar dan tulang punggung Kompas bersama dengan Jakob Oetama di era Orde Baru. "Era Orde Baru kan era di mana negara mengendalikan media, ada soal surat izin usaha penerbitan pers, ada ancaman bredel, ada ancaman semua pihak, negara melakukan kontrol terhadap itu," kata Budiman.

"Pak August bersama Pak Jakob inilah yang selalu berinteraksi dengan pemerintah, militer, Menteri Penerangan, dan yang membawa Kompas bisa survive sampai sekarang 54 tahun itu pada masa-masa Orde Baru," lanjut dia.

Baca Juga: Ketua KPK berharap presiden Jokowi keluarkan Perppu setelah pelantikan

Di mata Budiman, August merupakan jurnalis hebat yang piawai dalam melakukan lobi. "Ia adalah sosok yang cukup hebat dan dikenal sebagai pelobi ulung," kenang Budiman.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Mantan Dubes RI untuk Italia dan Wartawan Senior Kompas August Parengkuan Meninggal Dunia


Sumber : Kompas.com
Editor: Azis Husaini

Video Pilihan

Tag

Close [X]
×