kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45777,08   1,78   0.23%
  • EMAS934.000 0,32%
  • RD.SAHAM 0.24%
  • RD.CAMPURAN 0.11%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

Asing diprediksi masih terus menarik dananya dari pasar domestik sampai akhir tahun


Senin, 11 Mei 2020 / 16:25 WIB
Asing diprediksi masih terus menarik dananya dari pasar domestik sampai akhir tahun
ILUSTRASI. Investor mengamati pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia Jakarta, Kamis (26/3). Bursa Efek Indonesia (BEI) akan mempersingkat jam perdagangan di Sistem Penyelenggara Pasar Alternatif (SPPA), serta mempersingkat waktu pelaporan di Penerima Laporan Trans

Reporter: Rahma Anjaeni | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat akibat wabah Corona yang saat ini melanda, jumlah arus modal asing keluar (capital outflow) dari pasar keuangan Indonesia pada periode bulan Januari-Maret 2020 mencapai Rp 145,28 triliun.

Keluaran arus modal tersebut, jauh lebih besar apabila dibandingkan dengan periode krisis keuangan global tahun 2008 yang mencapai Rp 69,9 triliun, serta dari taper tantrum tahun 2013 yang tercatat sebesar Rp 36 triliun.

Baca Juga: Larang mudik, pemerintah akan tindak tegas travel ilegal

Sejalan dengan hal ini, Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Yusuf Rendy Manilet mengatakan, risiko dari capital outflow masih akan terus terjadi setidaknya dalam satu tahun ke depan.

Kondisi ini didorong periode ketidakpastian yang melanda global akibat Covid-19, serta belum ditemukannya vaksin yang tepat untuk melawan pandemi tersebut.

"Adanya ketidakpastian global membuat resiko dari capital outflow masih akan terjadi setidaknya dalam satu tahun ke depan," ujar Yusuf kepada Kontan.co.id, Senin (11/5).

Baca Juga: Tak ada kasus baru corona, Vietnam buka TK dan sekolah

Menurutnya, risiko capital outflow yang tinggi wajar terjadi seiring dengan gejolak dari kepanikan global saat ini. Jadi, selama belum ada sentimen positif yang dapat menenangkan pasar keuangan, maka risiko ini masih berpotensi terulang dalam beberapa waktu ke depan.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×