kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

ADB kucurkan bantuan pendanaan ke negara anggota untuk hadapi virus corona


Minggu, 08 Maret 2020 / 14:19 WIB
ADB kucurkan bantuan pendanaan ke negara anggota untuk hadapi virus corona
ILUSTRASI. ADB akan memberikan bantuan dana bagi anggota yang menghadapi virus corona


Reporter: Grace Olivia | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asian Development Bank (ADB) menyediakan bantuan dana bagi negara-negara anggotanya yang terdampak wabah virus corona (Covid-19). 

Dalam laporannya, Jumat (6/3), ADB telah memberikan dukungan pembiayaan melalui hibah asistensi teknikal(technical assistance grant) sebesar US$ 2 juta kepada pemerintah China dan subwilayah Mekong untuk memperkuat kebijakan pencegahan, deteksi, dan respon terhadap wabah virus corona yang masih menyebar. Dukungan pembiayaan ini diumumkan pada 7 Februari lalu. 

Selain itu, ADB pada 26 Februari lalu juga telah mengucurkan dana serupa sebesar US$ 2 juta yang ditujukan kepada semua negara anggotanya (developing member countries) agar dapat merespon dampak wabah seefektif mungkin. 

Baca Juga: Skenario terburuk, ADB proyeksi dunia kehilangan US$ 347 miliar akibat virus corona

Pada sektor privat, kucuran pinjaman sebesar CNY 130 juta atau setara US$ 18,6 juta diberikan kepada distributor farmasi Jointown Pharmaceutical Group Co. Ltd yang berbasis di Wuhan. Pinjaman yang ditandatangani pada 25 Februari lalu bertujuan memastikan suplai obat-obatan dan peralatan media untuk menghadapi wabah virus corona tetap berkelanjutan. 

Di luar itu, ADB masih memiliki beberapa proyek kesehatan di kawasan Asia yang nilainya mencapai US$ 469 juta. Sebagian dari alokasi proyek kesehatan tersebut dapat direlokasi jika dibutuhkan untuk merespon wabah Covid-19 ke depan. 

ADB juga mendukung negara-negara anggotanya dalam menentukan langkah mitigasi, respon, dan  kebijakan yang tepat dan terkontrol untuk menghadapi dampak wabah virus corona, terutama pada perekonomian. 

"ADB siap untuk memberikan dukungan tambahan kepada negara anggota melalui program dukungan countercyclical, pinjaman bantuan darurat, dan instrumen lainnya jika diperlukan,”  tandas  Kepala Ekonom ADB Yasuyuki Sawada pada laporannya yang diterima Kontan.co.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×