: WIB    —   
indikator  I  

Wapres AS puji demokrasi di Indonesia

Wapres AS puji demokrasi di Indonesia

JAKARTA. Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi mengklaim, Amerika Serikat melalui Wakil Presiden mereka,  Michael R Pence memuji kondisi demokrasi di Indonesia. Pujian tersebut salah satunya diberikan terhadap proses demokrasi dalam pemilihan gubernur DKI Jakarta, Rabu (19/4) kemarin.

Retno mengatakan, saat berkunjung ke Indonesia, ini Pence melihat, pelaksanaan pemilihan kepala daerah di Jakarta berhasil berjalan dengan aman. "Mereka mengatakan, ini lebih maju dari Amerika," katanya di Komplek Istana Negara, Kamis (20/4).

Selain memuji demokrasi di Indonesia, Pence klaim Retno, juga memuji Islam. Menurutnya, Islam merupakan agama dana dan bisa berdemokrasi dengan baik. "Menurutnya, ini potret yang tidak mengkhawatirkan bagi investor yang ingin berinvestasi di Indonesia," katanya.

Pence hari ini berkunjung ke Indonesia. Dalam kunjungan tersebut dia sempat bertemu dengan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden, Jusuf Kalla.

Retno mengatakan, dua kesepakatan bisnis bernilai US$ 8 miliar tercapai dalam kunjungan tersebut.  Kesepakatan pertama, dilakukan oleh PLN dengan Pacific Infracapital LLC. "Nilainya US$ 2 miliar," katanya

Deal bisnis kedua, dijalin antara Pertamina dengan Exxon dengan nilai US$ 6 miliar. "Semua berkaitan dengan energi, dari masalah limbah jadi energi, geothermal," katanya.


Reporter Agus Triyono
Editor Yudho Winarto

AMERIKA SERIKAT / AS

Feedback   ↑ x
Close [X]