: WIB    —   
indikator  I  

Tim Anies-Sandi bahas reklamasi dengan Bappenas

Tim Anies-Sandi bahas reklamasi dengan Bappenas

JAKARTA. Tim Sinkronisasi pasangan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan-Sandiaga Uno menemui Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro.  Berdasarkan pantauan KONTAN, tim langsung dipimpin Ketua Tim Sinkronisasi, Sudirman Said, Selasa (1/8) pagi.

Kepada KONTAN di sela-  sela pertemuan, Sudirman mengatakan, pertemuan dengan Bappenas tersebut akan membahas banyak hal, salah satunya, reklamasi. " Hasilnya nanti saja setelah pertemuan," katanya.

Pasangan Anies - Sandi selama ini memang getol menyuarakan penolakan mereka atas proyek reklamasi di Pantai Utara Jakarta. Irvan Pulungan, ahli lingkungan yang sempat menjadi dewan pakar pasangan Anies-Sandi beberapa waktu lalu mengatakan, penolakan dilakukan karena selama ini proyek tersebut penuh masalah dan pelanggaran hukum.

Berdasarkan, analisis yang dilakukan timnya terhadap putusan Pengadilan Tata Usaha Negara beberapa waktu lalu, pelanggaran tersebut salah satunya terlihat dari penerbitan surat keputusan gubernur DKI Jakarta tentang reklamasi Pulau K. Surat tersebut, tidak merujuk UU Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau pulau kecil.

Masalah lain, berkaitan dengan pengurusan izin lingkungan. Berkaitan dengan masalah izin, menurutnya, telah terjadi manipulasi terkait masyarakat yang terkena dampak. "Yang terkena dampak masyarakat A, tapi yang diajak bicara masyarakat B, tidak sinkron," katanya.

Lalu apakah setelah bertemu dengan Bappenas, penolakan mereka akan berubah? Kita tunggu saja.


Reporter Agus Triyono
Editor Yudho Winarto

REKLAMASI

Feedback   ↑ x