kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pengamanan aksi GNPF menelan biaya Rp 76 miliar


Senin, 05 Desember 2016 / 19:08 WIB
Pengamanan aksi GNPF menelan biaya Rp 76 miliar


Sumber: Kompas.com | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian membeberkan besaran biaya yang dihabiskan dalam rangka pengamanan demo 4 November dan aksi 2 Desember 2016.

Total biaya yang dikeluarkan untuk kedua aksi tersebut mencapai sekitar Rp 76 miliar. Dana sebesar itu bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Polri 2016.

"Biaya 411 (4 November) hampir Rp 33 miliar, untuk 212 itu Rp 43 miliar. Karena melibatkan jumlah personel yang cukup besar," kata Tito dalam rapat kerja bersama Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (5/12).

Personel dikerahkan bukan hanya untuk pengamanan pada hari H, melainkan untuk mengantisipasi pergerakan-pergerakan sebelum dan sesudah aksi. "Kalau enggak salah hampir dua minggu untuk satu kegiatan. Seminggu sebelum dan seminggu setelah hari H kami waspadai," papar Tito.

Tito tak menjamin aksi kemarin adalah yang terakhir. Sebab, tuntutan para peserta aksi adalah agar Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sebagai pelaku kasus dugaan penistaan agama dipenjara. Sehingga, Polri tak dapat menjamin apakah akan ada aksi serupa lainnya atau tidak.

Namun, Tito menambahkan pihaknya telah mengajukan penambahan anggaran Rp 95 miliar kepada Menteri Keuangan dan sudah disetujui. "Sehingga untuk kontingensi demo, dan lain-lain sampai akhir tahun kami masih punya anggaran," ucap mantan Kapolda Metro Jaya itu.

Aksi 4 November dan 2 Desember diinisiasi Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI yang bertujuan menuntut proses hukum terhadap Ahok. Pada 4 November, aksi berujung ricuh meskipun pada siang harinya berlangsung damai. Sementara aksi 2 Desember yang dinamakan doa bersama, berlangsung tertib dan damai. (Nabilla Tashandra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×