: WIB    --   
indikator  I  

Jokowi: Swasta, apa lagi yang di wait and di see?

Jokowi: Swasta, apa lagi yang di wait and di see?

KONTAN.CO.ID - Presiden Joko Widodo akan menggelar roadshow ke sejumlah daerah pada September mendatang. Dia akan menemui dan mengimbau para pengusaha di daerah untuk segera menggelontorkan dana mereka untuk berinvestasi supaya ekonomi tumbuh.

Roadshow digelar karena Jokowi merasa para pengusaha sampai saat ini masih belum yakin untuk menginvestasikan dana mereka. Hal tersebut  salah satunya tercermin dari kenaikan jumlah uang tersimpan di bank belakangan ini.

Jumlah dana masyarakat antara lain berbentuk tabungan, giro dan simpanan berjangka di bank umum. Berdasarkan data BI hingga Juni kemarin jumlah dana masyarakat di produk-produk tersebut mencapai Rp 4.991 triliun. Angka tersebut naik 10% jika dibandingkan periode sama tahun lalu yang hanya Rp 4.456,8 triliun.

Jokowi memandang, dana yang tersimpan itu harus didorong keluar dan diinvestasikan. "Apalagi yang ditunggu, pemerintah melalui APBN sudah berikan stimulus melalui peningkatan penerima program keluarga harapan, Dana Desa, dan Program Indonesia Pintar agar daya beli membaik. Ekonomi kita juga baik, dipercaya internasional, jadi apalagi yang di wait and di see," katanya kepada KONTAN, Selasa (28/8).

Jokowi mengatakan, dirinya tidak hanya mengimbau swasta agar segera mengeluarkan dananya untuk investasi. Agar izin investasi lancar, pemerintah juga terus mencari terobosan.

Salah satu terobosan yang akan dilakukan pemerintah adalah membuat tempat khusus untuk melayani izin investasi dari pusat sampai daerah. Tempat khusus tersebut ditargetkan bisa dibentuk awal tahun depan. "Kelembagaannya nanti bisa di bawah Kementerian Perekonomian, BKPM atau yang lain. Ini sedang disiapkan," katanya.


Reporter Agus Triyono
Editor Rizki Caturini

BKPM

Feedback   ↑ x
Close [X]