kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Eks Mentan SYL Peras Anak Buah Rp 1 M Untuk Umrah, Berapa Harga Umrah 2024?


Jumat, 10 Mei 2024 / 05:10 WIB
Eks Mentan SYL Peras Anak Buah Rp 1 M Untuk Umrah, Berapa Harga Umrah 2024?
ILUSTRASI. Eks Mentan SYL Peras Anak Buah Rp 1 M Untuk Umrah, Berapa Harga Umrah 2024?


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Harga Umrah 2024 -Jakarta. Terdakwa kasus dugaan korupsi dan pemerasan di Kementerian Pertanian (Kementan), eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo beribadah umrah dengan biaya yang ditanggung anak buahnya. Berapa biaya atau harga umrah 2024?

Diberitakan Kompas.com, sidang dugaan korupsi eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) terus mengungkap kelakuan politikus Nasdem itu yang seolah-olah tak ada habisnya. Selain meminta tabiat hidup glamor seperti membeli lukisan Sujiwo Tejo, tas mewah, dan perhiasan, SYL juga meminta kegiatan ibadahnya dibayarkan para aparatur sipil negara (ASN) di Kementerian Pertanian (Kementan).

Fakta-fakta ini terungkap dalam sidang lanjutan kasus dugaan korupsi SYL di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Rabu (8/5/2024) kemarin yang menghadirkan sejumlah pejabat Kementan sebagai saksi.

Minta dibayari umrah dan kurban

Sekretaris Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (Ditjen PSP) Kementan Hermanto mengungkapkan, SYL meminta uang Rp 360 juta kepada anak buahnya untuk membeli sapi kurban. Hermanto menyebutkan,  permintaan kurban tersebut disalurkan melalui Biro Umum Kementan.

Awalnya, SYL hanya meminta disiapkan tiga ekor sapi, tetapi belakangan permintaan itu bertambah dengan nilai setara 12 ekor sapi. “Kita hanya memberi uang saja yang dimintanya, tapi jumlah uang itu kurang lebih sekira 12 ekor sapi,” kata Hermanto, Rabu.

“Nilainya Rp 360 juta ya?" tanya jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Iya kurang lebih seperti itu,” jawab Hermanto.

Tidak hanya kurban, SYL bahkan menjalankan ibadah umroh ketika melakukan kunjungan di Arab Saudi pada 2022 lalu dengan uang korupsi. Eks Bendahara Pengeluaran Ditjen (Ditjen) PSP, Kementan, Puguh Hari Prabowo mengungkapkan bahwa umrah itu dibiayai hasil patungan para pejabat Kementan. "Saya dipanggil dan mendapat arahan untuk mengumpulkan Rp 1 miliar, untuk kegiatan Arab Saudi, atau umrah Pak, bahasanya," kata Puguh.

Kepada jaksa, Puguh menyebut hanya lima direktorat di Kementan yang diminta patungan untuk membiayai kebutuhan di Arab tersebut.  Puguh mengungkapkan bahwa sesungguhnya sekretariat tidak memiliki anggaran untuk kebutuhan umrah SYL.

Namun, karena diminta, para pejabat akhirnya menyepakati masing-masing memberikan uang sebanyak Rp 200 juta. Uang itu dikumpulkan dari lima direktur masing-masing direktorat, hanya satu direktorat yang tidak ikut patungan. "Akhirnya lima direktur saja yang mengumpulkan, lima dari enam (direktorat)?" tanya Jaksa.

"Iya, betul," jawab Puguh.

"Nilainya Rp 1 miliar?" tanya jaksa lagi.

"Rp 1 miliar, per direktorat Rp 200 (juta)," kata Puguh.

Baca Juga: Kementan Bayar Rp 43 Juta/Bulan untuk Mobil Alphard Eks Mentan SYL, Berapa Harganya?

Harga umrah 2024

Harga umrah tahun 2024 sebenarya tidak mahal-mahal amat. Tanpa memeras anak buah, pejabat di tanah air bisa dengan mudah menjalankan ibadah umrah.

Biaya umrah 2024 di Indonesia sangat beragam. Penelurusan KONTAN di sejumlah perusahaan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU), biaya umrah 2024 mulai dari Rp 25 jutaan hingga Rp 40 jutaan.

Perbedaan biaya umrah tergantung jenis layanan, waktu pelaksanaan, lama umrah, fasilitas dll.

Namun, terkadang ada tawaran umrah dengan biaya murah. Kementerian Agama (Kemenag) meminta masyarakat hati-hati dengan tawaran biaya umrah murah.

Dilansir dari website resmi, Kepala Subdirektorat Pemantauan dan Pengawasan Ibadah Umrah dan Ibadah Haji Khusus pada Direktorat Bina Umrah dan Haji Khusus, Suviyanto menyatakan, biaya referensi umrah tahun 2024 sebesar Rp 23 juta. Biaya referensi umrah 2024 ini turun dibandingkan saat pandemi Covid-19 sebesar Rp 26 juta.

Biaya referensi adalah biaya umrah wajar yang memperhatikan kepentingan jemaah dan pengusaha. Penetapan biaya referensi umrah mengacu kepada standar pelayanan minimal dengan acuan harga pasar. Komponen BPIU Referensi terdiri dari semua jenis layanan umrah yang harus diberikan oleh PPIU.

"Calon jemaah umrah harus memastikan biaya dan paket layanan sesuai dengan ketentuan pemerintah, agar ibadah umrah lancar, jemaah mendapatkan layanan yang sesuai," terang Suviyanto, April 2024 lalu.

Umrah adalah perjalanan ibadah yang berbeda dengan perjalanan wisata. Untuk itu, PPIU wajib menyiapkan pembimbing ibadah yang professional. Jemaah juga harus mendapatkan manasik sebelum keberangkatan, selama di perjalanan, dan selama di Arab Saudi.

Tak hanya biaya, Kemenag meminta calon jemaah umrah harus memperhatikan sejumlah hal sebelum memilih layanan umrah. Pertama, pastikan travelnya memiliki izin PPIU dari Kemenag. 

Jemaah juga harus memastikan tiket dan jadwal penerbangannya. Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 5 Tahun 2021 mengatur bahwa penerbangan umrah menggunakan pesawat langsung (direct), transit satu kali dengan maskapai yang sama, atau ganti maskapai paling banyak dua maskapai penerbangan.

Jemaah juga harus memastikan visanya. Pastikan pula hotelnya, agar jemaah benar-benar mengetahui bahwa mereka di Arab Saudi diberikan layanan hotel yang telah dipesan dan dibayar oleh PPIU sebelum berangkat.

Jadi, harga umrah 2024 tidak terlalu mahal. Tak perlu peras anak buah jika ingin umrah.

.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×