: WIB    —   
indikator  I  

BI koreksi pertumbuhan ekonomi Q3 lebih tinggi

BI koreksi pertumbuhan ekonomi Q3 lebih tinggi

JAKARTA. Bank Indonesia (BI) melihat ekonomi Indonesia saat ini terus membaik dan masih dalam taraf pemulihan. Bahkan, BI mengoreksi proyeksi pertumbuhan ekonomi kuartal ketiga tahun ini lebih tinggi lagi.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, sumber pendorong ekonomi Indonesia saat ini yaitu dari ekspor, investasi dan konsumsi rumah tangga yang tetap kuat.

Dari sisi investasi misalnya, perbaikan ditandai dengan membaiknya harga komoditas yang menyebabkan investasi swasta, khususnya non bangunan, juga mengalami peningkatan. Setelah selama ini investasi didominasi oleh investasi pembangunan infrastruktur pemerintah.

Agus bilang, pihaknya melihat pertumbuhan ekonomi Indonesia di semester kedua nanti akan lebih baik, walau konsolidasi perbankan dan korporasi di Indonesia masih berjalan.

"Saya lihat bahwa memang ada koreksi yang utama di kuartal ketiga. Yang di kuartal ketiga ada peningkatan," kata Agus, Jumat (16/6). Sayangnya Agus belum mau menyebutkan angka perkiraan yang dimaksud.

Meski demikian, Agus pernah menyatakan pertumbuhan ekonomi kuartal kedua tahun ini bisa mencapai 5,11% dan pertumbuhan ekonomi di kuartal ketiga dan keempat diperkirakan bisa melebihi angka 5,2%.

"Secara umum total pertumbuhan kita 2017 masih ada di kisaran 5,17% dan kontribusi dari semester kedua itu lebih baik," tambah dia. 


Reporter Adinda Ade Mustami
Editor Yudho Winarto

MAKROEKONOMI

Feedback   ↑ x
Close [X]