kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Yasonna: Hak angket untuk saya itu overshoot


Kamis, 26 Maret 2015 / 21:07 WIB
Yasonna: Hak angket untuk saya itu overshoot
Park Bo Young dan Hyungsik di Drakor Strong Girl Nam Soon, Cameo dari Pasangan Drakor Strong Woman Do Bong Soon.


Sumber: Kompas.com | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Menteri Hukum dan HAM menganggap hak angket yang diajukan anggota DPR terhadap dirinya merupakan serangan yang berlebihan. Menurut dia, hak angket merespons keputusannya mengesahkan kepengurusan Partai Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan tak tepat karena merupakan persoalan internal partai.

"Hak angket untuk saya itu overshoot. Terlampau tinggi tembakannya," tulis Yasonna melalui pesan singkat, Kamis (26/3).

Menurut Yasonna, hak angket dapat diajukan jika berdampak luas bagi masyarakat. Ia mengatakan, konflik internal pada dua partai tersebut tidak mempengaruhi masyarakat luas.

"Jadi, saya kira perbedaan pendapat dan ketidakpuasan di antara dua kelompok pengurus parpol dalam menyikapi keputusan Menteri Hukum dan HAM adalah soal di internal partai saja," kata Yasonna.

Yasonna mengatakan, kebijakan pengesahan kepengurusan partai dampaknya berbeda dengan kebijakan kenaikan harga bahan bakar minyak ataupun menaikkan pajak. Menurut dia, pengajuan hak angket terhadapnya akan menggerus makna hak angket yang sebenarnya.

"Jika hak angket digunakan untuk hal-hal yang sebenarnya adalah soal kepentingan kepengurusan dan perbedaan pandangan dalam menafsirkan undang-undang, maka nanti kehebatan hak angketnya menjadi kehilangan makna. Hak angket menjadi sesuatu yang sepele," ujar dia.

Hak angket digulirkan Partai Golkar kubu Aburizal Bakrie bersama fraksi yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih (KMP). Mereka menganggap Menkumham telah bertindak sewenang-wenang dengan mengesahkan Golkar kubu Agung Laksono.

KMP juga mempermasalahkan keputusan Menkumham yang sebelumnya mengesahkan kepengurusan Partai Persatuan Pembangunan kubu Romahurmuziy.

Yasonna menilai, pengesahan kepengurusan Agung sudah sesuai dengan undang-undang. Oleh karena itu, ia siap menghadapi proses hukum yang dilakukan oleh kubu Aburizal. (Ambaranie Nadia Kemala Movanita)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×