kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,46   -4,42   -0.49%
  • EMAS953.000 -0,83%
  • RD.SAHAM 0.54%
  • RD.CAMPURAN 0.27%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%

Wapres: Pemerintah sediakan Rp 2,6 triliun untuk pesantren dalam menghadapi Covid-19


Rabu, 08 Juli 2020 / 21:51 WIB
Wapres: Pemerintah sediakan Rp 2,6 triliun untuk pesantren dalam menghadapi Covid-19
ILUSTRASI. Wapres Maruf Amin

Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan pemerintah akan menyediakan dana sebesar Rp 2,6 triliun bagi pesantren dalam upaya mengatasi Covid-19.

Menurut Ma'ruf, dana tersebut akan digunakan untuk membantu pesantren untuk menyediakan berbagai fasilitas lain yang dibutuhkan di tengah Covid-19 seperti penyediaan tempat mencuci tangan, masker, dan fasilitas lainnya.

Baca Juga: Ma'ruf Amin: Pemerintah siapkan Rp 22 triliun dukung pendidikan berbasis digital

Nantinya, anggaran yang diberikan kepada pesantren akan beragam. "Ada yang Rp 50 juta, Rp 40 juta ada yang Rp 20 juta di 1 pesantren," ujar Ma'ruf Amin saat mengunjungi Pesantren Assobariyyah di Sukabumi, Rabu (8/7).

Menurut Ma'ruf, pemerintah memang menaruh perhatian yang cukup besar pada pesantren, dimana diharapkan pesantren tak menjadi cluserter penyebaran Covid-19 yang baru.

Menurut Ma'ruf, bila disiapkan dengan baik, pesantren juga bisa menjadi salah satu tempat yang aman dari penyebaran Covid-19, dibandingkan tempat-tempat lainnya. 

Hal ini dikarenakan pesantren sudah menerapkan karantina. Karena itu, dia meminta agar pesantren terus menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Ma'ruf melanjutkan, nantinya dana Rp 2,6 triliun tersebut akan disalurkan lewat berbagai kementerian seperti Kementerian PUPR yang membangun tempat wudhu, tempat cuci tangan, MCK di berbagai pesantren, bahkan ada insentif kepada tenaga pengajar yang disalurkan melalui Kementerian Sosial dan Kementerian Desa. "Jadi kalau ditotal Rp 2,6 triliun," kata Ma'ruf.

Baca Juga: Wapres sebut Jabar bisa dikembangkan jadi kawasan industri halal

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×