kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,82   11,02   1.24%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wapres Minta Menpora Baru Dito Ariotedjo Susun Langkah Strategis


Selasa, 04 April 2023 / 09:00 WIB
Wapres Minta Menpora Baru Dito Ariotedjo Susun Langkah Strategis
ILUSTRASI. Menpora Ario Bimo Nandito Ariotedjo bersama anak dan istrinya menuju lokasi konferensi pers usai dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Senin (3/4). Ario Bimo Nandito Ariotedjo resmi dilantik sebagai Menpora sisa jabatan 2019-2024


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin sore (3/4) secara resmi melantik politisi muda Partai Golkar, Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) menggantikan Zainudin Amali.

Seperti diketahui, bagaimana diketahui, Zainudin Amali mengundurkan diri sebagai Menpora setelah dirinya terpilih menjadi Wakil Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) periode 2023-2027.

Atas pelantikan tersebut, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin berharap Dito Ariotedjo dapat menyusun langkah-langkah strategis untuk membenahi sektor keolahragaan dan kepemudaan di tanah air dalam sisa masa jabatan kabinet hingga 2024 mendatang.

“Walaupun hanya tersisa satu setengah tahun, cukuplah untuk bisa melakukan langkah-langkah yang strategis, yang lebih baik,” ujar Ma'ruf, Senin malam, (3/4).

Baca Juga: Ini Tiga Tugas dari Jokowi untuk Menpora Dito Ariotedjo

Pertama terkait bidang kepemudaan, Wapres meminta Dito agar menata ulang dan mengoptimalkan fungsi dan peran berbagai organisasi pemuda. Banyak organisasi-organisasi pemuda yang masih terpecah-pecah dan juga pentingnya difungsikan (kembali) dan sebagainya (yang) kemarin memang belum optimal.

Kedua, dalam bidang keolahragaan, Wapres meminta Dito untuk membenahi dan menuntaskan berbagai program peningkatan prestasi olahraga. Terutama mengacu pada Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang telah ditetapkan pemerintah.

Meskipun keolahragaan di Indonesia telah mulai tertata dengan baik dengan adanya DBON, menurutnya hal tersebut masih perlu didukung gebrakan yang lebih nyata.

“Oleh karena itu, saya berharap dengan adanya Menpora baru dan memang dari generasi muda, tentu diharapkan gebrakannya lebih kelihatan, lebih kuat, (dan) lebih besar,” ucap Ma'ruf.

Baca Juga: Profil Menpora Baru Dito Ariotedjo, Jokowi Beri Tiga Tugas Khusus

Wapres percaya Dito akan lebih bersemangat dalam meneruskan upaya peningkatan prestasi olahraga nasional yang telah digariskan dalam DBON. 

“Biasanya yang muda itu lebih semangat, lebih memiliki gairah terutama untuk meneruskan apa yang sudah dirintis mengenai masalah pembinaan olahraga, menuntaskan apa yang sudah digariskan dalam DBON, serta membenahi kepemudaan yang kelihatannya memang masih perlu,” tandasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga memberikan tiga arahan khusus terkait keolahragaan kepada Dito Ariotedjo. Hal ini sebagaimana dituturkan Dito dalam keterangan persnya usai pelantikan.

Baca Juga: Dito Ariotedjo, Sohib Raffi Ahmad di Rans Nusantara Resmi Jadi Menteri Termuda Jokowi

Pertama, sebut Dito, kepala negara memintanya untuk menyiapkan tim Indonesia pada ajang olahraga SEA Games dan Asian Games dengan efisien.

"Ada tiga poin dari Pak Presiden, yang satu Pak Presiden ingin di agenda event SEA Games dan Asian Games kita memprioritaskan cabor-cabor yang memiliki potensi medali. Jadi harus efisien, tetapi kita mendapatkan hasil medali yang terbaik," ungkapnya.

Kedua, Presiden Jokowi meminta Dito untuk menggalakkan secara masif liga-liga olahraga di level pendidikan sekolah dan kuliah, termasuk juga liga antarkampung untuk masyarakat.

"Ketiga, Pak Presiden sangat peduli dan ingin ekosistem sport industry Indonesia ini makin maju dan makin established," sebutnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmi Melantik Rycko Amelza Dahniel Jadi Kepala BNPT

Adapun untuk sektor kepemudaan, menurut Dito, Presiden mengharapkan agar pengembangan pemuda diarahkan pada kewirausahaan dan profesionalitas dengan capaian indeks pembangunan pemuda yang terus naik.

Menanggapi arahan-arahan tersebut, Dito menyampaikan bahwa dirinya akan segera menyiapkan pelaksanaan ajang-ajang olahraga internasional. Seperti Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023 di Jakarta dan World Beach Games di Bali.

"Ke depan kan ada tujuh event internasional, salah satunya Indonesia (menjadi) tuan rumah di bola basket dan World Beach Games. Pasti apa yang sudah dimulai tentunya otomatis akan kita teruskan dan juga maksimalkan pelaksanaannya," terang Dito.

Terakhir, Dito memastikan bahwa dirinya akan segera berkomunikasi dengan berbagai pemangku kepentingan terkait World Beach Games di Bali agar pelaksanaannya dapat berjalan dengan lancar.

Dia juga menyepakati apa yang ditekankan Presiden Jokowi bahwa olahraga dan politik tidak boleh dicampuradukkan.

"Ya dengan melihat pengalaman kemarin U-20 (penolakan) Israel, pasti per hari ini saya akan coba bicara ke seluruh stakeholders yang ada. Semoga kita bisa memastikan kelancaran jalannya dan juga menimbulkan titik temu," tutur Dito.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×